Terkendala Vaksin, MPR Minta Pemerintah Negosiasi Dengan Arab Saudi Agar Jemaah Indonesia Diberi Izin Umrah

0

Terkendala Vaksin, MPR Minta Pemerintah Negosiasi Dengan Arab Saudi Agar Jemaah Indonesia Diberi Izin Umrah

Gaekon.com – Pandemi Covid-19 membuat pemerintah Arab Saudi membatasi jumlah jemaah haji maupun umroh di seluruh dunia. Pihaknya bahkan menentukan beberapa syarat bagi para jemaah yang akan melaksanakan ibadah, salah satunya harus sudah divaksin.

Menanggapi hal itu, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo meminta pemerintah Indonesia terus mengupayakan agar jemaah dari Indonesia diberi izin umrah.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Liputan6, Bambang Soesatyo meminta pemerintah melakukan negosiasi dengan Pemerintah Arab Saudi untuk pemberian izin umrah bagi jemaah Indonesia yang saat ini terkendala persoalan vaksin.

Bamsoet Minta Komitmen Pemerintah Untuk Terus Negosiasi

Bambang Soesatyo meminta komitmen pemerintah Indonesia untuk terus melakukan negosiasi dengan otoritas pemerintah Kerajaan Arab Saudi terkait penyelenggaraan ibadah umrah, kuota jemaah, hingga persiapan penyelenggaraan ibadah haji untuk tahun-tahun berikutnya.

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini juga berharap agar pemerintah terus mematangkan persyaratan dan kesiapan calon jemaah dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah.

“Itu dilakukan dengan tetap mempertimbangkan sisi keselamatan dan keamanan calon jemaah,” ujar Bamsoet.

Tak hanya itu, Kementerian Agama (Kemenag) juga diminta untuk menyesuaikan aturan dan ketentuan yang ditentukan pemerintah Arab Saudi berkaitan dengan pelaksanaan ibadah umrah.

“Seperti persoalan empat vaksin yang diakui yakni Moderna, Pfizer, Jhonson&Jhonson, dan AstraZeneca dan diikuti dengan upaya pemerintah dalam mempertimbangkan vaksin booster bagi calon jamaah Indonesia,” kata Bamsoet.

Sebelumnya, pada Senin (9/8) Arab Saudi mulai menerima jemaah umrah dari luar negeri yang sudah divaksin sesuai dengan ketentuan.

Jemaah diperkenankan melaksanakan ibadah umrah hanya jika telah divaksinasi penuh dengan salah satu dari empat vaksin yaitu Moderna, Pfizer, Jhonson&Jhonson, dan AstraZeneca.

D For GAEKON