Terlalu, Imbas PSBB Grab Dan Gojek Hapus Layanan Ojek Penumpang

0

Jakarta – Dua pemain utama layanan ride sharing tanah air yakni Gojek dan Grab menghapus sementara layanan ojek penumpang selama masa PSBB. Per Jumat 10 April 2020, layanan itu sudah tak bisa lagi diakses.

Di beranda aplikasi Gojek bahkan sudah tidak ada icon GoRide. Bahkan ketika sudah mengklik “more” untuk melihat layanan lain yang ditawarkan, icon GoRide tak muncul. Sementara fitur lainnya, seperti GoCar dan GoFood, masih bisa diakses.

Sedangkan pada Grab, fitur GrabBike masih muncul di halaman muka aplikasi. Tapi, begitu icon tersebut diklik maka layanan dialihkan ke GrabCar.

Ojek online memang dilarang mengangkut penumpang selama PSBB berlangsung di Jakarta. Pengemudi ojol hanya boleh mengangkut barang.

Chief of Corporate Affairs Gojek Nila Marita menyatakan pihaknya mematuhi keputusan Pemerintah DKI Jakarta terkait penerapan PSBB. “Dan kami berharap langkah ini dapat mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya pada GAEKON Jumat, 10 April 2020.

Masa PSBB tanggal 10-23 April 2020 membuat layanan GoRide terhenti. Sebagai opsi pengganti, layanan roda empat bisa dipilih pelanggan.

Layanan GoCar dan GoBlueBird masih tersedia bagi masyarakat yang membutuhkan. “Dengan maksimal jumlah penumpang 2 orang agar physical distancing bisa tetap terjaga.”

Di samping itu, layanan pesan antar makanan GoFood, layanan telemedik dan pengantaran obat GoMed, serta layanan pengantaran barang GoSend, GoMart, GoShop dan GoBox tetap beroperasi melayani masyarakat selama periode PSBB. Masyarakat dapat menggunakan layanan ini tanpa kontak fisik secara langsung (contactless delivery).

K For GAEKON