Tersebar Di Berbagai Provinsi, BMKG Deteksi Adanya 183 Titik Panas Di Sumatera

0

Tersebar Di Berbagai Provinsi, BMKG Deteksi Adanya 183 Titik Panas Di SumateraGaekon.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya 183 titik panas (hot spot) di wilayah Sumatera. Ratusan titik panas tersebut tersebar di berbagai provinsi.

Belakangan ini kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai terjadi di Bumi Lancang Kuning. Sejumlah penanganan dilakukan, mulai dari pemadaman darat hingga jalur udara atau waterbombing.

Menurut laporan BMKG stasiun Pekanbaru, Provinsi Riau terdeteksi paling banyak titik panas dengan jumlah 169, disusul Jambi dan Lampung masing-masing ada 4 hot spot.

Daerah yang paling banyak titik panasnya di wilayah Riau adalah Bengkalis dengan jumlah 118, Pelalawan 34, Kepulauan Meranti 16 dan Dumai terdeteksi satu hot spot.

Sumatera Selatan dan Sumatera Utara sebanyak dua, Bengkulu serta Kepulauan Riau masing-masing 1 hot spot.

Sebelumnya, Gubernur Riau Syamsuar menetapkan status siaga kebakaran hutan dan lahan atau karhutla Riau, mulai Senin, (15/2). Status siaga itu akan ditetapkan hingga 31 Oktober 2021.

“Di tengah bencana non alam pandemi Covid-19 yang masih terjadi ini, potensi bencana lain masih mengancam di Provinsi Riau. Kita ketahui bahwa Riau adalah Provinsi yang rawan bencana kebakaran hutan dan lahan serta asap, dengan potensi gambut yang besar sekitar 54 persen dari total luas Provinsi Riau di Pulau Sumatera,” kata Syamsuar.

Syamsuar menyatakan, penetapan Status Siaga Karhutla secara perundang-undangan merujuk pada Peraturan Gubernur Riau 09 Tahun 2020 tentang prosedur tetap kriteria penetapan status keadaan bencana dan komando satuan tugas pengendalian bencana kebakaran hutan dan lahan di Riau.

Syamsuar menyampaikan bahwa karhutla sudah menjadi isu penting dan menghabiskan APBN dan APBD yang cukup besar. Dana itu dipakai untuk kegiatan penanggulangan karhutla serta kabut asap.

Untuk penanganan karhutla tersebut, pemerintah menerapkan modifikasi cuaca hujan buatan selama dalam status siaga darurat karhutla Riau.

D For GAEKON