Tetap Ada, Nadiem Bantah Hapus Formasi CPNS Guru

0

Tetap Ada, Nadiem Bantah Hapus Formasi CPNS GuruGaekon.com – Mendikbud Nadiem Makarim membantah penghapusan CPNS untuk formasi guru di tahun 2021. Nadiem menyebut CPNS guru tetap diadakan.

Hal itu disampaikan Nadiem menanggapi kabar mengenai CPNS untuk guru ditiadakan. Ia menyebutkan kabar itu salah dan tidak pernah jadi kebijakan Kemendikbud.

“Ingin saya koreksi mispersepsi di media bahwa tidak ada lagi formasi CPNS untuk guru, ini salah dan tidak pernah menjadi kebijakan Kemendikbud,” kata Nadiem seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya @nadiemmakarim, Selasa, 5 Januari 2021.

“Saya menegaskan bahwa formasi CPNS Guru ke depan akan tetap ada karena kebijakan ini akan sejalan dan saling melengkapi dengan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” tulisnya.

Nadiem menulis fokus tahun ini adalah perekrutan guru honorer sampai dengan kapasitas satu juta guru (jumlah yang diangkat hanya yang lulus tes) melalui jalur PPPK.

“Kami mendorong agar para guru honorer serta lulusan Pendidikan Profesi Guru melamar menjadi guru PPPK,” tuturnya.

Menurut Nadiem, kinerja yang baik sebagai guru PPPK nantinya akan menjadi pertimbangan penting jika guru PPPK yang bersangkutan melamar menjadi CPNS.

“Kami terus berupaya memperjuangkan agar para guru mendapatkan kesempatan memperjelas status dan meningkatkan kesejahteraannya,” tulis Nadiem.

Sebelumnya, rencana penghapusan guru CPNS terus menuai sorotan dari banyak kalangan. Pasalnya, kebijakan yang beberapa waktu lalu disampaikan Badan Kepegawaian Negara (BKN) ini dinilai tidak tepat dan menutup masa depan guru.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih pun turut menyuarakan pendapatnya mengenai rencana menghapus format guru di CPNS 2021. Dia bahkan mendesak Pemerintah memberi penjelasan soal rencana tersebut.

“Karena guru pensiun menurut proyeksi kemendikbud pada 2021-2025 mencapai 316.535 guru, belum termasuk yang meninggal dunia, lantas bagaimana cara memenuhi kebutuhan guru yang totalnya 960.000?” kata dia, Senin, 4 Januari 2021.

K For GAEKON