Tiba Di Jakarta, 80 WNI Berhasi Dievakuasi Dari Ukraina

0

Tiba Di Jakarta, 80 WNI Berhasi Dievakuasi Dari UkrainaGaekon.com – Sebanyak 80 Warga Negara Indonesia (WNI) dan 3 Warga Negara Asing berhasil dievakuasi dari Ukraina pada Kamis (3/3) sore.

Melansir dari Tempo.co, mereka berhasil dievakuasi dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan tim penjemput dari Jakarta berangkat menuju Bucharest dari Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa 2 Maret 2022 pukul 18.40 WIB.

Tim itu tiba di Bandara Henri Coanda, Bucharest, pada 3 Maret 2022 pukul 15.10 waktu setempat. Pesawat penjemput Garuda Indonesia lalu kembali diberangkatkan dari Bucharest menuju Jakarta pada pukul 20.23 waktu setempat atau 5,5 jam setelah mendarat di Bucharest.

Sampai Jakarta Setelah 17 Jam Perjalanan Dari Bucharest

Rute perjalanan yang ditempuh adalah Bucharest – Madinah – Jakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 17 jam.

Mereka yang sudah tiba di Indonesia akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan dokumen keimigrasian sebelum diizinkan berkumpul dengan keluarga di tanah air.

Retno menyebut  seluruh tim yang terlibat bahu-membahu bekerja sama melakukan evakuasi yang sangat tidak mudah ini.

Retno juga menjelaskan bahwa masih ada 12 WNI lainnya yang tertinggal di Ibu Kota Bucharest karena diketahui positif Covid-19 dan 2 WNI lagi, memutuskan tinggal di Bucharest untuk menemani anak mereka yang tertular virus corona.

“Ke-14 WNI tersebut akan terus dipantau dan didampingi oleh KBRI di Bucharest. Jika kondisi kesehatan sudah memungkinkan, mereka akan dipulangkan dengan pesawat komersial,” kata Retno.

D For GAEKON