Olahraga memang sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh. Walaupun sudah disibukkan dengan berbagai aktivitas, sebagian orang pasti menyempatkan waktunya untuk berolahraga. Seperti contohnya melakukan jogging diluar.

Jogging seringkali dilakukan pagi hari. Banyak orang yang melakukannya di jalanan kecil, di lapangan, atau di lahan yang cukup luas.

Jogging atau lari – lari kecil ini biasanya dilakukan untuk meningkatkan kebugaran fisik dengan lebih sedikit tekanan pada tubuh. Jogging merupakan salah satu cara yang baik untuk membentuk massa otot, membakar kalori, mengurangi jaringan lemak tubuh, dan menjaga kesehatan jantung. Olahraga ini bahkan disebut lebih efektif membakar lemak perut dibanding angkat beban.

Namun seringkali orang susah untuk bangun lebih pagi agar bisa melakukan jogging ini. Alhasil mereka bangun siang dengan tidak melakukan olahraga sama sekali. Sebenarnya aktivitas olahraga jogging diluar ini bisa digantikan dengan beberapa gerakan olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah. Apa saja gerakan itu ?

  1. Jumping Jack

Banyak dari kita yang mengingat jumping jack sebagai kenangan manis masa kecil. Olahraga yang menyenangkan ini melibatkan seluruh tubuh, sehingga biasa dilakukan sebagai pemanasan, di mana ia mengaktifkan berbagai kelompok otot dalam tubuh, sekaligus meningkatkan suasana hati.

Gerakan jumping jack ini membantu meningkatkan stamina dan menghilangkan stres. Selain itu, Jumping jack adalah latihan kardio aerobik, yang artinya, menggunakan oksigen untuk memenuhi kebutuhan energi dan menstimulasi otot-otot jantung.

Jenis olahraga ini dapat dilakukan dirumah ketika kita tidak bisa keluar untuk jogging. Caranya melakukannya hanya perlu berdiri tegak dengan posisi kaki selebar bahu, kemudian melompat sambil mengangkat tangan ke atas kepala dengan cepat dan kembali ke posisi awal. 

  1. Jump Rope atau Skipping Rope

Olahraga lain yang bisa dilakukan di rumah adalah skipping rope atau jump rope. Ya, lompat tali.Jenis olahraga ini mengingatkan kita waktu SD, karena seringkali memainkannya.

Skipping rope merupakan salah satu olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Dengan melakukan olahraga ini sudah cukup bisa untuk membakar kalori. Satu sesi skipping rope selama 10 menit bisa membakar 70-110 kalori. Memang, tidak sebanyak berlari, dengan durasi yang sama bisa membakar hingga 130 kalori.

Namun setidaknya olahraga skipping rope ini bisa menjadi alternatif, ketika tidak bisa keluar untuk pergi jogging.

Cara melakukannyapun sangat mudah hanya perlu memutar tali sambil melompatinya. Pastikan untuk memutar talinya dengan pergelangan tangan, bukan dengan seluruh lengan.

  1. Burpees

Alternatif lain yang bisa dilakukan dirumah apabila tidak bisa jogging diluar adalah dengan olahraga burpees.

Gerakan burpees kelihatannya sangat sederhana tetapi untuk pemula, rutinitas 5 gaya gerak ini dijamin akan membuat ‘ngos-ngosan.’ Burpees ini sendiri diciptakan oleh Burpee Dluginski yang biasa dilakukan oleh para tentara untuk melatih kebugaran mereka.

Burpees sebenarnya adalah olah gerak keseluruhan tubuh. Bagian tubuh yang akan digerakkan adalah kaki, otot dalam tubuh (core) dan tangan, sementara itu detak jantung akan bertambah cepat.

Diterangkan oleh Tanisha jika gerak burpees menyangkut gerak jongkok (squat), tendang kedua kaki ke belakang (kick feet back), push-up, kembali melakukan squad (ke posisi jongkok) dan terakhir berdiri sambil berloncat.

Jika 5 gerakan ini dilakukan dengan benar, seluruh tubuh akan bergerak dan esensi olahraga benar-benar dilakukan.

  1. Mountain Climbers

Gerakan selanjutnya yang bisa dilakukan dirumah yaitu Mountain climbers. Mendengar katanya ‘Mountain’ bukan berarti naik gunung ya. Mountain climbers ini adalah gerakan lari dari posisi push up. Mountain climbers bisa dikombinasikan dengan posisi plank dan gerakan push up untuk meningkatkan intensitasnya.

Cara melakukannya bisa dimulai dengan posisi push up dan lengan lurus sepenuhnya berada tepat di bawah bahu. Pastikan tubuh membentuk garis lurus dari bahu hingga pergelangan kaki. Kemudian kencangkan otot perut, angkat satu kaki dari lantai dan angkat lutut ke arah dada sambil menahan tubuh selurus mungkin. Kembali ke posisi awal, lalu ulangi gerakan dengan kaki lainnya.

  1. Squat Jumps

Selain melakukan mountain climbers, ketika tidak bisa jogging di luar kita bisa melakukan gerakan lainnya, yaitu squat jump. Squat jump adalah salah satu latihan fisik yang terdiri atas dua gerakan, yaitu jongkok dan melompat.

Biasanya latihan ini dilakukan sebagai bagian dari gerakan pemanasan. Jika dilakukan secara teratur dan tepat, squat jump memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat squat jump yang sudah terbukti adalah membantu mengencangkan otot paha dan pantat.

Namun harus tetap memastikan sendi dan jantung kuat terlebih dahulu sebelum melakukannya. Cara melakukannya mudah, kita hanya perlu melompat dari posisi jongkok dan kembali pada posisi jongkok. Lakukan berulang kali.

  1. Bear Crawl Push Ups

Bukan hanya squat jumps, kita juga bisa melakukan gerakan yang satu ini ketika tidak bisa keluar untuk jogging, yaitu bear crawl push ups. Gerakan ini hampir sama dengan gerakan push up. Cara melakukannya posisikan badan seperti melakukan push up, kemudian melangkah ke depan seperti merangkak lalu melangkah mundur sampai ke posisi pertama. Ingat untuk menggunakan tangan dan kaki secara berlawanan bersama-sama.

Alternatif yang satu ini sangat simple sekali dilakukan. Karena mungkin hampir setiap hari kita lakukan namun tidak menyadarinya. Iya naik turun tangga bisa menjadi salah satu gerakan olahraga yang baik untuk tubuh. Naik turun tangga juga bisa menjadi pengganti jogging. Jika tidak tinggal di rumah dengan tangga, kita bisa melakukan gerakan naik turun satu step anak tangga.

Jadi jangan khawatir untuk yang tidak bisa keluar pergi jogging, kita tetap bisa melakukan gerakan olahraga lainnya di rumah. Meskipun dilakukan dirumah namun manfaatnya sama sama dapat menyehatkan tubuh. Tidak perlu menyiapkan banyak alat, namun yang perlu diingat selalu lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan gerakan tersebut. Hal ini untuk menghindari adanya risiko cedera.

KL For GAEKON