TIDAK BOLEH KELUAR RUMAH ? KAMU HARUS PUNYA PERSEDIAAN MAKANAN INI

0

Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) masih menjadi masalah besar di Indonesia. Pasien yang dinyatakan positif masih belum bisa dikurangi, karena penularan virus ini terus terjadi diberbagai wilayah.

Wilayah yang sebelumnya tidak terdampak akhirnya banyak yang dinyatakan positif corona hanya karena mereka tidak mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah. Mereka memaksakan keluar rumah untuk tetap beraktivitas, tanpa disadari hal ini justru dapat membahayakan nyawanya dan nyawa orang lain.

Meratalah sudah penyebaran virus ini sekarang, mulai dari sabang hingga merauke semuanya ada. Meskipun banyak dari mereka yang masih ODR maupun ODP, jadi belum benar – benar dapat dinyatakan positif.

Bertambahnya jumlah penyebaran virus tersebut kini sudah mulai disadari sebagian orang. Mereka mulai untuk benar – benar berdiam diri di rumah agar dapat mengurangi tingkat penularan. Mereka bekerja, beribadah, dan belajar di rumah.

Hal ini membuat mereka sudah tidak bisa lagi beraktivitas secara bebas di luar. Untuk memenuhi kebutuhan asupan sehari – harinya, mereka berbondong – bondong memenuhi beberapa swalayan dan supermarket. Semua bahan makanan yang biasanya mereka konsumsi sehari – hari diborong dalam jumlah banyak.

Tanpa mereka sadari semua bahan makanan tidak selamanya baik jika disimpan terlalu lama. Memang sebagian ada yang bisa bertahan lama. Namun sebagian juga jika disimpan terlalu lama kandungan zat di dalamnya justru akan hilang, bahkan menjadi busuk.

Mengingat hal tersebut, pintar – pintarlah dalam memilih bahan makanan baik itu sayuran maupun buah – buahan yang bisa disimpan dalam waktu sedikit lama. Berikut beberapa bahan makanan yang awet ketika disimpan di kulkas :

Daging

Daging salah satu bahan makanan yang bisa bertahan lama jika disimpan di kulkas. Mengutip Daily Mail, kita bisa membuatnya lebih awet jika daging dibungkus dengan plastic wrap atau alumunium foil, kemudian disimpan dalam kontainer makanan.

Menurut data USDA (US Department of Agriculture), daging sapi segar disimpan di suhu -17 derajat celcius bisa bertahan hingga empat bulan. Sementara ikan bisa awet hingga enam bulan. Bahkan daging ayam punya masa simpan hingga setahun. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan menyimpan daging. Pastikan daging bebas kotoran dan tidak ada genangan air pada wadah penyimpanan daging.

Telur

Bahan makanan kedua yang bisa bertahan lama ketika dimasukkan kulkas adalah telur. Telur dapat awet di kulkas baik dalam kondisi matang maupun mentah. Telur yang sudah matang atau dalam kondisi sudah dimasak bisa bertahan hingga 7 hari. Sedangkan telur mentah bisa bertahan lebih lama.

Berbeda dari daging, telur justru tak disarankan untuk disimpan di dalam freezer. Sebaiknya simpan telur di bagian luar freezer bersuhu kurang dari empat derajat celcius.

Berdasarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, telur yang disimpan pada suhu tersebut bisa bertahan hingga empat hingga lima minggu.

Sebelum disimpan, kulit telur harus dibersihkan dari sisa kotoran yang masih menempel. Selain itu, hindari menyimpan telur di rak pintu karena lebih rentan terkontaminasi kuman saat kulkas dibuka.

Namun telur bisa disimpan lebih awet lagi, yaitu cukup dengan menyiapkan nampan untuk membuat muffin, lalu masukkan telur yang sudah dipecahkan pada masing-masing lekukan. Simpan telur ke dalam freezer, dan telur bisa dinikmati hingga setahun ke depan.

Beras Putih

Beras memang sudah menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Maka tidak heran bahwa persediaan yang satu ini menjadi persedian utama yang harus ada di rumah. Beras putih yang belum dimasak dapat bertahan lama. Hal ini bisa dibuktikan apabila kita menyimpannya di tempat yang tepat. Beras putih telah diketahui bertahan selama 30 tahun, tetapi penelitian menunjukkan bahwa, beras harus disimpan di lingkungan yang bebas oksigen pada suhu sekitar tiga derajat celcius.

Beras Cokelat

Menyimpan beragam jenis beras seperti beras putih, beras basmati dan beras merah memang bisa hingga 2 tahun atau lebih. Selain beras putih, beras cokelat juga bisa menjadi pilihan untuk stok di rumah. Karena beras ini juga bisa bertahan lama.

Khusus untuk beras cokelat, masa penyimpanan akan lebih panjang jika ditaruh di dalam kulkas. Pastikan beras disimpan dalam wadah kedap udara.

Sayuran

Bahan makanan selanjutnya yang bisa disimpan lebih lama di kulkas adalah sayur. Sama seperti daging, perbedaan jenis sayur juga bisa mempengaruhi masa simpannya.

Jenis sayuran hijau seperti selada, bayam, atau kubis bisa bertahan selama 7-10 hari. Sedangkan sayuran bertekstur keras seperti wortel dan kentang bisa bertahan hingga empat minggu di kulkas dengan suhu empat derajat celcius.

Namun agar lebih awet sebaiknya sebelum menyimpan, keringkan permukaan sayur dengan tisu untuk mengurangi air yang masih menempel. Setelah itu bungkus sayur menggunakan kertas koran untuk mengurangi lembab yang membuat sayur cepat layu dan busuk.

Buah – Buahan

Masa simpan buah-buahan tidak berbeda jauh dari sayuran. Apel, jeruk, dan lemon bisa bertahan hingga satu bulan di dalam kulkas. Sedangkan buah-buahan bertekstur lunak punya masa simpan yang jauh lebih singkat, yakni sekitar tiga hingga lima hari saja.

Buah-buahan harus disimpan dalam keadaan bersih dan kering. Selain itu, pisahkan buah-buahan yang mulai membusuk agar tidak mempengaruhi daya tahan buah yang masih segar.

Camilan

Meskipun camilan sering dituduh sebagai penyebab kenaikan berat badan, tetapi pada saat darurat camilan memiliki manfaat sebagai penunda rasa lapar apabila belum menemukan hidangan utama untuk dimakan.

Kita bisa menyimpan camilan sehat seperti energy bar, kacang-kacangan seperti almond, walnut, kacang tanah, kacang mede atau buah kering. Jenis camilan tersebut dapat disimpan di kulkas dalam waktu yang lama. Sehingga tidak hanya menyiapkan persediaan sayuran saja, karena camilan juga bisa membantu untuk mengenyangkan perut.

KL For GAEKON