Tim Pemakaman Pasien Covid-19 Di Kudus Kewalahan, BPBD Kudus: Butuh Waktu 1 Jam Untuk 1 Jenazah

0

Tim Pemakaman Pasien Covid-19 Di Kudus Kewalahan, BPBD Kudus: Butuh Waktu 1 Jam Untuk 1 JenazahGaekon.com – Jumlah pasien Covid-19 yang meninggal di Kabupaten Kudus terus bertambah. Hal ini membuat tim pemakaman menjadi kewalahan.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Proses pemakaman pasien Covid-19 di Kabupaten Kudus saat ini menggunakan sistem waiting list.

Pasalnya, tingkat kematian yang semakin tinggi akhirnya dapat memicu jumlah antrean pemakaman. Kepala Pelaksana BPBD Kudus, Budi Waluyo, mengatakan pemulasaran jenazah Covid-19 membutuhkan waktu satu jam untuk satu jenazah.

“Jadi waiting list, pemakaman jenazah dengan prokes Covid-19 butuh waktu satu jam. Sedangkan tim pemakaman jumlahnya 20 orang yang dibagi shif pagi dan malam. Setiap tim berjumlah 10 orang menangani satu jenazah,” Terang Budi.

Berdasarkan data BPBD Kudus, pasca ledakan kasus Covid-19, tim pemakaman bisa memakamkan jenazah hingga puluhan orang dalam satu hari.

“Kemarin 32 jenazah dimakamkan dalam sehari dari beberapa rumah sakit. 28 jenazah kami tangani dan sisanya ditangani dari pihak NU dan Muhammadiyah. Jumlah ini paling tinggi pasca lebaran,” kata Budi.

Intensitas pemakaman jenazah pasien Covid-19 meningkat sejak 18 Mei 2021, beberapa hari setelah lebaran. Hingga Rabu (2/6) tercatat jumlah kasus positif Covid-19 di Kudus ada 1.232 kasus. Sebanyak 294 orang dirawat dan 938 menjalani isolasi mandiri.

D For GAEKON