Tinggi Kolom Mencapai 5.000 Meter, Gunung Sinabung Kembali Erupsi

0

Tinggi Kolom Mencapai 5.000 Meter, Gunung Sinabung Kembali ErupsiGaekon.com – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Selatan kembali erupsi pada Selasa (2/3) pukul 07.15 WIB. Erupsi ini ditandai dengan luncuran awan panas guguran dengan jarak luncur 4.500 meter ke arah tenggara-timur.

Saat ini, Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga dan petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Selain itu, pada radius sektoral lima kilometer untuk sektor selatan-timur dan empat kilometer untuk sektor timur-utara.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo Natanail Perangin-angin mengatakan bahwa tinggi kolom kali ini mencapai 5.000 meter.

“Dengan tinggi kolom mencapai 5.000 meter,” kata Natanail Perangin-angin seperti dilansir dari ANTARA, Rabu (3/3).

Awan panas guguran itu terjadi sekitar pukul 07.11 WIB. Awan panas tersebut akibat kubah lava yang membeku di puncak Gunung Sinabung dengan jarak luncuran 3.000 meter ke arah tenggara-timur.

Tak hanya itu, sekitar pukul 07.07 WIB terjadi awan panas guguran akibat kubah lava yang membeku di puncak Gunung Sinabung dengan jarak luncuran 2.000 meter ke arah tenggara-timur.

Masyarakat diimbau agar memakai masker saat keluar rumah untuk mengurangi dampak terhadap gangguan kesehatan dari abu vulkanik, jika terjadi hujan abu. Natanail juga meminta masyarakat untuk mengamankan sarana air bersih.

D For GAEKON