TNI AL Siap Turunkan Kapal Perang Untuk Angkut Pemudik

0

TNI AL Siap Turunkan Kapal Perang Untuk Angkut PemudikGaekon.com – Kapal perang Republik Indonesia atau KRI siap dikerahkan untuk mengangkut para pemudik jika diperlukan.

Melansir dari Kompas, hal ini diungkapkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

“Dalam rangka mendukung mudik lebaran 2022, KRI TNI AL siap (mengangkut pemudik) jika diperlukan untuk membantu PT Pelni apabila armada yang dimiliki tidak cukup untuk menampung lonjakan jumlah pemudik Lebaran 2022,” kata Yudo.

Sebelumnya, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan akan ada 80 juta masyarakat yang melakukan mudik pada Lebaran 2022.

“Survei dari Balitbang Kemenhub, potensi masyarakat yang akan melakukan mudik mendekati angka 80 juta jika diberlakukan syarat perjalanan dalam negeri seperti yang ada sekarang,” ujar Adita.

Menurut penjelasan Yudo, sampai saat ini armada PT Pelni masih mampu mengatasi jumlah penumpang arus mudik Lebaran. Sehingga TNI AL hanya mendukung pengamanannya saja.

“Sudah saya perintahkan kepada semua unsur TNI AL untuk membantu pengamanan terhadap kapal-kapal PT Pelni yang mengangkut penumpang khususnya untuk mudik dan TNI AL juga sudah mempersiapkan kapal LST maupun Landing Platform Dock (LPD) apabila sewaktu-waktu diminta,” ucap Yudo.

Selain menyiapkan dukungan kapal LPD, TNI AL juga mempersiapkan KRI maupun KAL guna melakukan patroli terhadap jalur laut yang dipergunakan selama arus mudik 2022. Kemudian dukungan pengamanan juga diproyeksikan di pelabuhan-pelabuhan yang menjadi tempat para pemudik yang akan naik maupun turun kapal.

D For GAEKON