Tok!! UNESCO Akhirnya Tetapkan Pantun Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

0

Tok!! UNESCO Akhirnya Tetapkan Pantun Sebagai Warisan Budaya Tak Benda IndonesiaGaekon.com – Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa, The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), akhirnya menetapkan pantun sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia dan Malaysia. Diketahui, penetapan tersebut dilakukan pada Kamis (17/12/2020).

Tidak hanya itu saja, pengumuman pantun sebagai warisan budaya tak benda juga diumumkan UNESCO melalui akun Twitter UNESCO, @UNESCO.

Melalui twitnya, UNESCO memberikan selamat kepada Indonesia dan Malaysia.

“Pantun, sebuah syair Melayu yang berima dalam lagu dan tulisan, baru saja ditorehkan ke dalam daftar #WarisanTakbenda. Selamat #Indonesia dan #Malaysia,” tulis UNESCO.

Selain itu, penetapan pantun sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia dan Malaysia juga diumumkan di laman resmi UNESCO, ich.unesco.org. Di laman resmi UNESCO disebutkan bahwa kehadiran pantun di tengah masyarakat sangat penting, terutama di negara-negara Asia Tenggara.

“Pantun adalah salah satu bentuk syair Melayu yang digunakan untuk mengungkapkan gagasan dan emosi yang ruwet. Ini adalah bentuk lisan paling luas di Asia Tenggara dan telah digunakan di banyak bagian kawasan setidaknya selama 500 tahun,” tulis UNESCO.

Bahkan, UNESCO juga menuliskan, pantun biasanya memiliki skema rima a-b-a-b dengan bentuk paling umum empat baris. Pantun juga dapat diolah dalam musik, lagu, dan tulisan. Menurut UNESCO, 70 persen pantun digunakan untuk mengekspresikan cinta kepada pasangan, keluarga, komunitas, dan alam.

Z For GAEKON