Tolak Penggunaan JIS Untuk Perayaan May Day, Presiden Partai Buruh: DPRD DKI Kuper

0

Tolak Penggunaan JIS Untuk Perayaan May Day, Presiden Partai Buruh: DPRD DKI KuperGaekon.com – Para buruh akan tetap kukuh merayakan May Day pada 14 Mei mendatang. Padahal, hal ini telah ditolak DPRD DKI Jakarta.

Presiden Partai Buruh yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menegaskan bahwa pihaknya tetap akan menggunakan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai tempat perayaan tersebut.

Said menjelaskan bahwa JIS tidak digunakan sebagai tempat aksi, melainkan sebagai tempat perayaan hari Buruh atau May Day.

“Kepada Wagub DKI dan anggota DPR dari dua fraksi yang suda berbicara di media menolak penggunaan JIS oleh buruh, saya ingin jelaskan, bahwa JIS digunakan buruh sebagai tempat perayaan atau festival memperingati May Day. Jadi bukan sebagai tempat aksi,” kata Said.

Said Iqbal menyebut KSPI dalam kegiatannya biasa menggunakan Gelora Bung Karno (GBK), Istora Senayan, bahkan Sport Mall Kelapa Gading.

Oleh karena itu, Said Iqbal mengatakan, tidak ada salahnya jika perayaan May Day akan menggunakan JIS.

“Selain pertandingan sepak bola, peruntukan stadion bisa digunakan sebagai konser musik, festival, maupun pertemuan akbar yang lain,” ujarnya.

Said Iqbal menyindir, anggota DPRD DKI dari 2 fraksi dan Wagub DKI yang menolak penggunaan JIS untuk perayaan May Day kurang informasi dan kurang pergaulan.

“Saya ingin jelaskan mereka atau Pak Wagub DKI juga, mereka kurang informasi dan kurang pergaulan, kalau bahasa anak muda kuper,” sindirnya.

Said Iqbal juga menuturkan pihaknya tidak bermaksud menggunakan JIS secara gratis. Buruh akan membayar biaya sewa dan uang jaminan jika ada kerusakan terhadap stadion yang digunakan.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani berharap JIS tak digunakan untuk peringatan May Day seperti rencana massa buruh. Ia mengatakan JIS masih dalam proses penyelesaian dan perawatan.

Sementara itu, Wagub DKI Riza Patria mengaku pihaknya masih akan mempelajari lebih lanjut penggunaan JIS sebagai tempat aksi hari buruh.

Akan Ada Aksi 100 Ribu Orang Saat May Day 14 Mei

Said Iqbal menambahkan pada tanggal 14 Mei mendatang, perayaan May Day akan diawali dengan aksi di depan DPR dengan peserta 100 ribu orang.

“Setelah aksi, buruh akan mengadakan perayaan atau festival. Kegiatannya adalah orasi, pentas seni, sambutan dari Partai Buruh dari berbagai negara, hingga live stream dengan kawan-kawan yang juga melakukan perayaan di daerah,” pungkasnya.

D For GAEKON