Tradisi Udik-Udikan, Perantau Lamongan Sebar Uang Dari Atas Masjid

0

Tradisi Udik-Udikan, Perantau Lamongan Sebar Uang Dari Atas MasjidGaekon.com – Baru-baru ini beredar sebuah video yang memperlihatkan tradisi unik warga Lamongan, Jawa Timur.

Momen tersebut dibagikan akun Tiktok @Zulfikar_ali28. Dalam video itu terlihat ratusan warga berbagai umur antusias mencari keuntungan dari aksi udik-udikan oleh perantau.

Peristiwa ini terjadi di Desa Bugoharjo, Kecamatan Pucuk. Banyak yang mengenal desa tersebut sebagai “Desa Pecel Lele” lantaran mayoritas warganya merantau dan berprofesi sebagai penjual pecel lele.

Dari atas serambi masjid terlihat seseorang sedang menghamburkan uang. Banyak warga yang mengabadikan momen tersebut dengan ponselnya.

“Persatuan perantau warga Bugiharjo (PPWB) senusantara membagikan uang ke masyarakat dengan melestarikan budaya udik-udikan,” tulis keterangan dalam video.

Tradisi Udik-Udikan Bukan Ajang Pamer

Dalam video tersebut juga dijelaskan, bahwa tradisi mereka ini hanya untuk merawat budaya udik-udikan dan menyenangkan masyarakat. Sehingga bukan untuk ajang kesombongan dan pamer kekayaan.

Tak hanya membagikan uang dengan cara udik-udikan, para dermawan perantau Lamongan ini juga menggelar berbagai aksi sosial di antaranya sunat massal dan berbagai bingkisan kepada warga desa setempat.

D For GAEKON