Tradisi Unik Perayaan Idul Adha

0
Idul Adha
Sumber Foto: www.jabarnews.com

Gaekon.com – Hari Raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban. Padahal jika kita kuliti, Idul Adha tak melulu soal penyembelihan hewan.

Banyak sekali tradisi unik di Indonesia saat perayaan Idul Adha. Nah, kira-kira tradisi seperti apa saja ya?

 Tradisi Unik Perayaan Idul Adha

  1. Toron

Tradisi unik pertama yaitu dari Madura. Toron merupakan aktivitas pulang kampung masyarakat Madura saat perayaan Hari Raya Idul Adha. Tradisi ini terbilang unik lantaran biasanya mudik di Indonesia identik dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri.

  1. Gamelan Sekaten

Tradisi selanjutnya yaitu Gamelan Sekaten di Keraton Kasepuhan Cirebon. Tradisi yang diselenggarakan setelah menunaikan shalat Idul Adha ini sangat erat dengan kebudayaan setempat.

Dalam perayaan ini kita juga bisa melihat tongkat Cis yang dahulu digunakan Sunan Gunung Jati saat berkhutbah di masjid ini ratusan tahun silam.

  1. Manten Sapi

Rupanya tak hanya manusia saja yang bisa menjadi pengantin (Manten), hewan kurban juga bisa. Tradisi unik Manten Sapi ini ditemukan di Pasuruan, Jawa Timur.

Sebelum sapi-sapi disembelih, masyarakat akan memandikan sapi dan menghiasnya dengan kembang tujuh rupa dan juga kain putih.

Sapi yang sudah didandani ini kemudian akan diarak sebelum akhirnya dikurbankan.

Makna dibalik tradisi ini sendiri adalah untuk menghormati hewan-hewan kurban sebelum dikurbankan.

  1. Kaul dan Abda’u

Kaul dan Abda’u merupakan tradisi unik Idul Adha di Maluku Tengah. Dalam tradisi ini warga akan menggendong kambing yang akan dikurbankan setelah shalat Id.

Setelah itu masyarakat akan mengarak hewan tersebut sembari diiringi zikir dan salawat sebelum akhirnya disembelih bersama hewan-hewan kurban lainnya.

5. Mepe Kasur

Saat Idul Adha, warga Desa Kemiren, Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur punya tradisi unik tiap tahunnya. Warga akan menjemur kasur di depan rumah masing-masing sampai sore hari.

Tak hanya kasur, tapi juga bantal dan guling dipukul-pukul dengan rotan dan sapu lidi supaya bersih. tradisi ini dimaknai untuk mengeluarkan segala macam penyakit dari dalam rumah.

Sementara bagi yang sudah berumah tangga, tradisi tersebut dipercayai dapat memberikan kelanggengan bagi kehidupan rumah tangga mereka.

Idul Adha sendiri memperingati kisah Al-Qur’an tentang kesediaan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan Ismail sebagai tindakan ketaatan kepada Allah SWT.

Sebelum dia bisa melakukan pengorbanan, Allah SWT menyediakan seekor domba jantan sebagai persembahan. Dalam penceritaan Kristen dan Yahudi, Ibrahim diperintahkan untuk menyembelih anak laki-laki lain yaitu Ishak.

KA For GAEKON