Trump dan Biden Saling Ngotot Perdebatkan Soal Pemilihan Hakim Agung dalam Debat Capres

0

Trump dan Biden Saling Ngotot Perdebatkan Soal Pemilihan Hakim Agung dalam Debat CapresGaekon.com – Momen yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Debat capres pertama antara Presiden Amerika Serikat Trump dan calon dari Partai Demokrat Joe Biden telah dimulai, salah satu acara kampanye yang paling dinanti.

Seperti yang diketahui, pertemuan debat Ini adalah yang pertama dari tiga debat terjadwal antara kedua pesaing. Selain itu Chris Wallace dari Fox News yang akan menjadi moderator debat.

Topik pertama yang dibahas adalah Mahkamah Agung, yakni mengenai calon hakim agung yang dipilih Trump, Amy Coney Barrett. Trump dan Biden pun berselisih mengenai Mahkamah Agung.

“Kami memenangkan pemilu dan karena itu kami memiliki hak untuk memilihnya,” kata Trump, membela keputusan kontroversialnya untuk terus maju dengan pencalonan Amy Coney Barrett.

Selain itu, Biden mengulangi keyakinannya bahwa pemenang pemilu harus memilih hakim berikutnya.

“Kita harus menunggu dan melihat apa hasil dari pemilihan ini,” ujarnya.

Menurutnya, pemilihan hakim agung sebagai pertarungan untuk masa depan perawatan kesehatan, mengutip kasus yang akan dibawa ke pengadilan seminggu setelah pemilihan, juga menyebutkan hak-hak aborsi.

Trump berusaha untuk menepis argumen Biden dan berulang kali mengatakan dirinya memiliki mandat untuk mengisi kursi hakim agung tersebut karena hal itu pembahasan pun menjadi memanas.

“Saya tidak terpilih selama tiga tahun. Saya terpilih selama empat tahun,” cetus Trump.

Kemudian, topik lain yang akan dibahas dalam debat yang digelar di Case Western Reserve University di Cleveland ini adalah mencakup COVID-19, ras dan kekerasan, integritas pemilu, ekonomi, serta catatan Trump dan Biden.

Z For GAEKON