Tuntutan Hambali Diumumkan Dihari Pertama Joe Biden Berkuasa

0

Tuntutan Hambali Diumumkan Dihari Pertama Joe Biden Berkuasa

Gaekon.com – Tuntutan kepada Hambali diumumkan pada hari pertama Joe Biden berkuasa penuh di Negeri Paman Sam.

Untuk diketahui, Encep Nurjaman alias Riduan Isamuddin alias Hambali dan dua rekannya dituntut Jaksa Militer Amerika Serikat atas peristiwa bom Bali 2002 dan bom Hotel JW Marriott 2003. Usai ditangkap di Thailand, tuntutan dijatuhkan selama 18 tahun.

Biden menjabat sebagai Wapres di rezim Barack Obama. Presiden ke-44 AS itu pernah menutup penjara Guantanamo. Guantanamo yang didirikan di era Presiden George W Bush adalah penjara yang menahan teroris kakap.

Hambali dan dua rekannya asal Malaysia, Mohammed Nazir Bin Lep dan Mohammed Farik Bin Amin, ditahan di penjara milik AS di Teluk Guantanamo di Kuba.

Selain Hambali, masih ada sekitar 40 napi yang berada di Guantanamo. Salah satu napi di Guantanamo ialah Khalid Sheikh Mohammed, otak dibalik serangan 9/11.

Hambali merupakan pemimpin kelompok radikal Jemaah Islamiyah. Kelompok itu dipercaya perwakilan Al-Qaeda di Asia Tenggara. Sebelumnya, pada 2016, Hambali sempat mengajukan penangguhan penahanan. Namun, ditolak karena dianggap berbahaya terhadap keamanan AS.

Jemaah Islamiyah diduga sebagai otak di balik Bom Bali 1 pada 2002 yang menewaskan 202 orang. Kelompok itu juga dituduh bertanggung jawab atas ledakan Hotel JW Marriott di Jakarta yang menewaskan 12 orang.

D For GAEKON