UEFA Tak Restui Klub Dan Pemain Tampil Di Liga Super Eropa

0

UEFA Tak Restui Klub Dan Pemain Tampil Di Liga Super EropaGaekon.com – Persiapan Liga Super Eropa tampaknya sudah sangat mantap tahun ini. Menyambut liga ini, UEFA justru mengancam klub-klub yang berencana tampil di Liga Super Eropa.

Klub dan pemain yang ambil bagian akan ditendang UEFA dari dunia sepakbola profesional. Belakangan ini beredar kabar banyaknya klub Eropa yang tidak sepakat dengan usul format baru Liga Champions yang diwacanakan UEFA.

Melansir dari New York Times, paling tidak ada 12 klub yang sepakat dengan rencana perpisahan ini. UEFA memberi peringatan keras kepada mereka yang berencana ikut serta. Setelah sebelumnya, FIFA mengeluarkan pernyataan larangan klub dan pemain ikut Liga Super Eropa.

“Seperti yang diumumkan sebelumnya oleh FIFA dan enam Federasi Sepakbola, klub-klub yang terlibat (dalam pembentukan Liga Super Eropa) akan dilarang bermain di kompetisi lain di tingkat domestik, Eropa atau dunia. Para pemain juga dapat ditolak kesempatannya untuk mewakili tim nasional mereka,” bunyi keterangan dari UEFA.

Menurut UEFA, proyek pembentukan Liga Super Eropa adalah rencana licik dari pemilik-pemilik klub papan atas Eropa yang ingin meraup keuntungan lebih besar lagi.

Maka dari itu UEFA dan seluruh pemangku Federasi Sepakbola Inggris, Spanyol, dan Italia sepakat untuk menentang Liga Super Eropa tersebut.

“Kami ingin menegaskan kembali bahwa kami (UEFA, FA Inggris, RFEF, FIGC, Liga Premier, LaLiga, Lega Serie A) dan juga FIFA serta semua asosiasi anggota kami, akan tetap bersatu dalam upaya menghentikan proyek sinis ini. Sebuah proyek yang didirikan atas dasar kepentingan pribadi beberapa klub pada saat masyarakat membutuhkan solidaritas lebih dari sebelumnya,” tambah keterangan resmi dari UEFA.

Rencananya Liga Super Eropa akan diikuti oleh 20 klub, yang terdiri dari 15 klub langsung ikut serta dan lima lainnya dari jalur kualifikasi.

D For GAEKON