Uji Coba Lawan Sabah FA, Momen Menguji Sektor Pertahanan Persebaya

0

Surabaya – Persebaya Surabaya akan melangsungkan laga uji coba internasional melawan salah satu tim Malaysia, Sabah FA. Direncanakan laga akan dilangsungkan pada 8 Februari 2020 di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Momen tersebut juga akan menjadi ajang launching tim Persebaya musim 2020. “Yang sudah fix tanggal 8 lawan Sabah FA (Malaysia). Sekaligus launching tim karena sudah lengkap,” ujar Media Officer Persebaya Nanang Prianto pada GAEKON, Senin (27/1).

Dua legiun asing Persebaya masih belum bergabung dengan tim, yaitu David da Silva (Brasil) dan Makan Konate (Mali). Keduanya masih berada di negara mereka masing-masing.

Sedangkan dua pemain asing lainnya, Aryn Williams (Brasil) dan Mahmoud Eid (Palestina), akan turun di laga tersebut setelah sebelumnya absen saat menjamu Persis Solo di GBT, Sabtu (11/1) lalu.

Pun demikian dengan Abduh Lestaluhu dan Angga Saputra, yang saat ini masih menyelesaikan proses administrasi dari kesatuannya, diharapakan dapat ikut bermain melawan Sabah FA.

“Masih menunggu tuntasnya administrasi dan ijin dari kesatuannya, kan mereka TNI. Belum ada update sampai sekarang,” ujar Nanang.

Bek tengah Persebaya M Syaifuddin antusias dengan rencana tim untuk uji coba melawan tim Malaysia tersebut.

Pemain yang bergabung dengan Persebaya sejak 2017 itu berpendapat, laga itu akan menjadi ujian bagi pertahanan Persebaya. Mengingat secara materi Persebaya hanya mengandalkan pemain lokal di lini belakangnya dengan satu pemain berstatus naturalisasi, Zoubairou Garba.

Selain M Syaifuddin, ada Hansamu Yama, Rachmat Irianto, Arif Satria, Rizky Ridho serta bek sayap Abu Rizal Maulana dan Koko Ari sebagai punggawa pertahanan Persebaya.

Persebaya sendiri masih ada dua agenda ujicoba lainnya. Meski sampai sekarang masih belum ada kepastian tentang lawannya. “Yang sudah fix tanggal delapan dengan Sabah. Yang lainnya masih menyusul. Tiga kali (ujicoba) sebelum kick off Liga 1, satu tim internal atau dari liga 2 atau Liga 1,” jelas Nanang lebih jauh.

Nanang juga berharap pengalaman kurang baik musim lalu tidak terulang, akibat Persebaya terlalu memaksa melakukan ujicoba hingga banyak pemain yang cedera ketika kompetisi dimulai.

“Berkaca dari musim lalu, jangan sampai banyak lawan berat di ujicoba. Kewalahan di awal kompetisi karena banyak pemain cidera,” pungkas Nanang.

W For GAEKON