Korban Sempat Takut Dan Cemas, UMY Pastikan Beri Perlindungan 3 Mahasiswa Korban Pemerkosaan

0

Korban Sempat Takut Dan Cemas, UMY Pastikan Beri Perlindungan 3 Mahasiswa Korban PemerkosaanGaekon.com – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akhirnya buka suara soal kasus pemerkosaan yang dilakukan oleh MKA.

Melansir dari Kumparan, UMY akan menutup rapat identitas 3 mahasiswi korban pemerkosaan MKA, mahasiswa ekonomi angkatan 2017, yang juga merupakan aktivis kampus.

Seperti yang diketahui, MKA telah disanksi berat yaitu dikeluarkan dengan tidak hormat dari kampus.

UMY menjamin putusan ini telah dibuat seadil mungkin. Kampus bahkan siap memberikan pendampingan jika kasus ini dibawa ke ranah hukum.

Upaya kampus untuk menutup rapat identitas 3 mahasiswi ini agar mereka tidak semakin trauma dengan peristiwa tersebut. Apalagi ketiganya masih aktif berkuliah.

Pemerkosaan Dialami Tahun 2018

Rektor UMY Gunawan Budiyanto mengatakan salah satu korban mengalami tindakan bejat itu pada 2018.

Namun, korban sempat mengalami ketakutan untuk mengungkapkan hal yang dialaminya. Hal inilah yang membuat pihak kampus akhirnya memutuskan untuk merahasiakan identitasnya.

“Ada ketakutan, ada kecemasan, ada kekhawatiran. Makanya ini sangat kami rahasiakan (identitasnya). Ini masa depan dari mahasiswi kami, sehingga nama itu keep betul agar yang bersangkutan tidak tertekan,” kata Gunawan.

UMY berkomitmen untuk melindungi korban agar jangan sampai menjadi korban perundungan. Pendampingan psikologis pun tidak hanya dilakukan di dalam kampus tapi juga bisa dilakukan di luar kampus.

D For GAEKON