Unik, Jalan Tol Di Dumai Ada Jalur Perlintasan Hewan

0

Unik, Jalan Tol Di Dumai Ada Jalur Perlintasan HewanGaekon.com – Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Provinsi Riau, Sumatera Utara baru-baru ini jadi sorotan warganet. Pasalnya, di bawah konstruksi jalan tol tersebut ada jalur perlintasan hewan.

Melansir dari Kompas, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai memiliki keunikan tersendiri. Di bagian bawah konstruksi jalan tol dibangun lima underpass dalam bentuk terowongan.

Underpass Tol Dumai Digunakan Untuk Jalur Perlintasan Gajah Dan Beruang

Terowongan tersebut digunakan sebagai jalur perlintasan gajah dan beruang. Terowongan satwa ini memiliki bentang 25 hingga 45 meter dengan tinggi 5,1 meter.

Sementara di tepi terowongan ditanami tanaman hijau agar menyerupai habitat asli. Terowongan ini dibangun di Seksi IV Kandis Utara–Duri yang melintasi Kawasan Suaka Margasatwa Balai Raja dan Siak Kecil.

Kandis Utara-Duri diketahui merupakan koridor perlintasan Gajah Sumatera dengan jumlah populasi sekitar 50 ekor.

Direktur Jendral (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti dalam Konfrensi Nasional Green Economy Indonesia Summit 2022: The Future Economy of Indonesia, Rabu (11/5) mengatakan pembangunan konstruksi ini merupakan upaya pemerintah dalam menerapkan infrastruktur hijau (green infrastructure).

“Di di jalan Tol Pekanbaru-Dumai dibangun lima jalur perlintasan untuk gajah dan beruang dalam bentuk terowongan. Dengan ini maka perlintasan hewan tetap ada meskipun pembangunan infrastruktur dilakukan,” ujar Diana.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai pada 25 September 2020. Jalan bebas hambatan dengan panjang 131 kilometer tersebut merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Jalan ini memiliki 24 ruas yang akan dibangun dengan target penyelesaian dan operasional pada tahun 2024 mendatang. Menghubungkan Kota Pekanbaru dan Kota Dumai, infrastruktur ini diharapkan dapat mendongkrak perekonomian daerah setempat.

D For GAEKON