Viral Makam Upin Dan Ipin, Kartun Itu Disebut Dari Kisah Nyata, Begini Kata Les Copaque Production

0

Viral Makam Upin Dan Ipin, Kartun Itu Disebut Dari Kisah Nyata, Begini Kata Les Copaque Production

Gaekon.com – Belakangan ini viral soal film kartun “Upin Ipin”. Keberadaan tokok Upin Ipin itu disebut ada dalam dunia nyata.

Hal ini diketahui usai sebuah video yang diunggah akun TikTok @abi_alonk3110 memperlihatkan makam dengan nama Upin dan Ipin. Terlihat batu nisan berwarna biru dengan bertuliskan nama Upin dan Ipin.

Tak hanya nama yang tertera pada nisan, tanggal wafat yang tertulis di kedua makam itu pun menjadi sorotan netizen.

Diketahui bahwa almarhum meninggal pada tahun 1995. Di lain sisi, Ipin mengembuskan napas terakhir pada tahun 1996. Waktu kematian keduanya hanya terpaut satu tahun.

Tak diketahui pasti informasi lebih lanjutnya seperti apa, namun dua makam bernama Upin Ipin itu sukses membuat warganet berspekulasi bahwa itu makam tokoh kartun Upin Ipin dalam dunia nyata.

Cerita asli atau khayalan, benar atau salah, apapun alasannya. Menurutku upin dan ipin adalah animasi terbaik yang telah menemaniku mulai kecil,” ungkap seorang warganet.

Jadi merinding gini dah,” komentar warganet.

Kayak pernah denger,kalau cerita nya hanya khayalan opah,” tulis lainnya.

Klarifikasi Pembuat Kartun Upin Dan Ipin

Sementara itu, pembuat serial animasi, Les Copaque Production mengklarifikasi hal ini. pihaknya menegaskan bahwa Upin dan Ipin murni merupakan karangan, bukan diambil dari kisah nyata.

“Cerita ini merupakan karangan semata dan tidak ada kaitannya dengan yang masih hidup atau sudah meninggal,” kata Les Copaque.

Seluruh penulisan cerita sepenuhnya dilakukan tim produksi dan merupakan karangan semata, tidak mengambil inspirasi dari kisah nyata manapun.

“Ide cerita Upin & Ipin dari Hajah Ainon yang juga pengisi suara Opah. Setiap cerita yang ditulis tidak hanya mudah dipahami, tetapi juga sarat dengan pesan bermanfaat,” ujar Les Copaque.

Les Copaque turut menjelaskan beberapa hal yang kerap dibuat teori konspirasi oleh orang-orang. Salah satu contohnya, orang tua Upin-Ipin yang sudah tiada, itu karena ketika awal dibuat tidak punya tim produksi yang memadai.

Selain itu soal kedua tokoh berkepala plontos, pihak produksi menjelaskan hal tersebut lantaran demi menghemat biaya dan waktu pembuatan. Pasalnya, rambut merupakan bagian yang sulit dibuat.

D For GAEKON