Usai Dipecat Bupati Jember Sekda Akan Lapor ke Gubernur Jatim Ternyata Ini Penyebabnya

0

Usai Dipecat Bupati Jember Sekda Akan Lapor ke Gubernur Jatim Ternyata Ini PenyebabnyaGaekon.com – Diduga karena pernyataan di media soal larangan mutasi pejabat, Bupati Jember Faida memecat Sekretaris Daerah (Sekda) Jember. Sekda Jember Mirfanto mengaku akan melaporkan perihal pemecatannya kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Menurutnya, pemecatan yang dilakukan oleh Bupati Faida tidak melalui prosedur yang seharusnya.

Dilansir dari Kompas.com, selain itu, Mirfano juga menduga pemecatan tersebut disebabkan karena pernyataannya kepada media. Dia memberi penjelasan terkait surat edaran Mendagri nomor 820/6923/SJ tentang larangan penggantian pejabat di lingkungan pemerintah daerah tertanggal 23 Desember 2020.

Dalam aturan itu, bupati dilarang memutasi pejabat sampai dilantiknya bupati terpilih hasil Pilkada serentak 2020. Meski ada larangan, penggantian pejabat tetap dilakukan di Pemkab Jember.

Menurut Mirfano, surat edaran Mendagri itu adalah informasi yang memang berhak diketahui publik. Faida juga sempat memberikan link berbagai berita tentang pernyataannya tersebut.

“Jadi saya melihat karena pembicaraan dengan media,” tutur dia.

Mirfano mengatakan, pemecatan dirinya seharusnya dilakukan melalui prosedur tertentu. Mirfano mengaku sebelumnya dirinya hanya mendapatkan pesan WhatsApp dari Faida berisi dirinya akan mendapatkan Surat Keputusan (SK). Namun, SK yang dia terima keesokan harinya ternyata SK tentang pembebasan tugas dirinya sebagai Sekda.

“Itu cacat prosedur karena tidak melewati pemeriksaan lebih dulu,” tutur Mirfano.

Selanjutnya, Mirfano akan melaporkan hal tersebut kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Selain itu, Mirfano, Wakil Bupati KH Abdul Muqit Arief dan sejumlah ASN di Pemkab Jember juga telah mengeluarkan mosi tidak percaya pada Bupati Faida. Penyebabnya, Bupati Jember melakukan penggantian pejabat Pemkab meski hal itu dilarang.

“Ada 13 orang (pejabat yang diganti), dan kemudian ada yang dibebaskan secara tidak prosedural,” katanya.

Z For GAEKON