Miliki Utang Jumbo, Sri Mulyani Ungkap 68 Persen BUMN Penerima Modal Negara Terancam Bangkrut

0

Miliki Utang Jumbo, Sri Mulyani Ungkap 68 Persen BUMN Penerima Modal Negara Terancam BangkrutGaekon.com – Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan bahwa 68 persen BUMN penerima penyertaan modal negara (PMN) kemungkinan akan bangkrut. Bahkan, pihaknya juga melaporkan lebih dari setengah BUMN yang menerima PMN memiliki utang jumbo.

Melansir dari Kumparan, Sri Mulyani mengungkapkan hal ini berdasarkan laporan keuangan BUMN penerima PMN yang kemudian diolah dengan metode Altman Z-Score.

Seperti diketahui, metode Altman Z-Score, yaitu suatu metode yang dilakukan untuk memprediksi kebangkrutan.

“Untuk Altman Z-Score dari sisi distress atau kemungkinan bangkrut ada 68 persen dari BUMN kita itu dan 32 persennya kategori aman,” ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani bahkan mengungkap lebih dari setengah BUMN yang menerima PMN memiliki utang jumbo atau di atas rata-rata industrinya.

“Yang merah itu (55 persen) adalah di atas rata-rata. Jadi artinya, BUMN kita 55 persen debt-nya, utangnya, di atas rata-rata dari industri di mana mereka berada,” terangnya.

Hal ini perlu diwaspadai dan menjadi perhatian. Sri Mulyani menegaskan bahwa pihaknya akan terus memperhatikan kinerja BUMN yang mendapat suntikan modal negara. Sehingga ke depan keuangan BUMN tersebut tetap sehat.

D For GAEKON