UU ITE Dianggap Tak Baik, Mahfud: Pemerintah Akan Inisiatif Merevisinya

0

UU ITE Dianggap Tak Baik, Mahfud: Pemerintah Akan Inisiatif MerevisinyaGaekon.com – Pemerintah akan mendiskusikan inisiatif untuk merevisi Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Hal ini disampaikan Menkopolhukam, Mahfud MD dalam akun twitternya.

“Pemerintah akan mendiskusikan inisiatif untuk merevisi UU ITE,” tulis Mahfud dikutip Selasa (16/2).

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Mahfud sempat menyinggung banyak masyarakat menginginkan UU ITE pada tahun 2007.

“Dulu pada 2007/2008 banyak yang usul dengan penuh semangat agar dibuat UU ITE,” tutur Mahfud.

Mahfud juga mengatakan jika UU ITE saat ini dianggap tidak baik, maka pemerintah akan mencari solusi dengan merevisi UU ITE.

“Jika sekarang UU tersebut dianggap tidak baik dan memuat pasal-pasal karet mari kita buat resultante baru dengan merevisi UU tersebut. Bagaimana baiknya lah, ini kan demokrasi,” tutup Mahfud.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga menyoroti UU ITE. Ia meminta Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) merevisi dan menghapus pasal karet di dalamnya.

“Kalau UU ITE tidak bisa memberikan rasa keadilan, saya akan minta DPR bersama-sama merevisi UU ini,” kata Jokowi di Rapat Pimpinan TNI/Polri secara tertutup yang ditayangkan YouTube Sekeretaris Presiden, Senin (15/2) malam.

Menurut Jokowi, multitafsir UU ITE membuat masyarakat kerap saling melapor ke pihak keamanan. TNI dan Polri pun dimintanya meningkatkan pengawasan pelaksanaan UU ITE.

Meskipun UU ini diakuinya untuk menjaga ruang digital di Indonesia lebih bersih, sehat, dan beretika. Namun dia tidak mau jika implementasi UU ITE malah menimbulkan ketidakadilan.

D For GAEKON