Vaksin Corona Bisa Dibeli Di Kimia Farma Mulai Besok, Ini Harganya!

0

Vaksin Corona Bisa Dibeli Di Kimia Farma Mulai Besok, Ini Harganya!Gaekon.com – Menyusul pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong untuk individu, Vaksin Corona kini mulai bisa dibeli di Kimia Farma. Total biaya Vaksinasi Gotong Royong Individu adalah sebesar Rp 879.140.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, pembelian dan penyuntikan vaksin tersebut bisa dilakukan di klinik-klinik Kimia Farma tertentu, mulai Senin (12/7).

Berdasarkan keterangan pers Kementerian BUMN, Vaksinasi Gotong Royong Individu ini sejalan dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 19 Tahun 2021 tentang perubahan atas Permenkes No. 10/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021, telah ditetapkan harga pembelian vaksin untuk individu produksi Sinopharm.

Dalam SK tersebut, harga vaksin per dosis ditetapkan Rp 321.660. Sehingga untuk penyuntikan dua dosis, harganya jadi Rp 643.320.

Sementara untuk tarif vaksinnya sekali suntik sebesar Rp 117.910. Sehingga untuk dua kali penyuntikan, masyarakat harus membayar Rp 235.820. Total biaya Vaksinasi Gotong Royong Individu adalah sebesar Rp 879.140.

Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk, Verdi Budidarmo menerangkan bahwa untuk tahap awal program Vaksinasi Gotong Royong Individu ini baru dilayani di 8 klinik Kimia Farma yang tersebar di 6 kota.

Lokasi Kimia Farma Yang Melayani Pembelian Vaksin

Berikut lokasi Kimia Farma yang melayani pembelian vaksin beserta kapasitas per harinya:

  1. Kimia Farma Senen (Jakarta), kapasitas 200 orang per hari
  2. Kimia Farma Pulogadung (Jakarta), kapasitas 200 orang per hari
  3. Kimia Farma Blok M (Jakarta), kapasitas 100-200 orang per hari
  4. Kimia Farma Supratman (Bandung, Drive Thru), kapasitas 200 orang per hari
  5. Kimia Farma Citarum (Semarang), kapasitas 100 orang per hari
  6. Kimia Farma Sukoharjo, kapasitas 500 orang per hari
  7. Kimia Farma Sedati (Surabaya), kapasitas 200 orang per hari
  8. Kimia Farma Batubulan (Bali), kapasitas 100 orang per hari

Wakil Menteri BUMN, Pahala N. Mansyuri, menyatakan Vaksinasi Gotong Royong (VGR) Individu dimaksudkan untuk mempercepat pembentukan kekebalan komunal (herd immunity), sehingga pemulihan perekonomian nasional dapat berjalan lebih cepat.

Pahala juga mengatakan Kimia Farma sebagai bagian dari Holding BUMN Farmasi, berkomitmen untuk mempercepat vaksinasi nasional baik melalui Vaksinasi Gotong Royong Perusahaan maupun Individu.

D For GAEKON