Vaksin Oral, Vaksinasi Covid-19 Generasi Kedua Yang Dapat Dikonsumsi

0

Vaksin Oral, Vaksinasi Covid-19 Generasi Kedua Yang Dapat DikonsumsiGaekon.com – Perusahaan Israel-Amerika Oramed dan Perusahaan India Premas Biotech mengumumkan akan adanya Vaksin Covid-19 yang bisa dikonsumsi (diminum).

Seperti yang dilansir GAEKON dari Liputan6, Vaksin buatan perusahaan Oravax tersebut bisa digunakan apabila lolos uji klinis awal. Rencananya, Vaksin Oral (diminum) tersebut akan mulai diuji ke manusia pada Juni 2021.

Pengujian tersebut membutuhkan waktu lama sebelum akhirnya bisa dikonsumsi manusia. Sama halnya dengan vaksin pada umumnya, tidak ada jaminan bahwa varian oral ini akan berhasil.

Namun, vaksin oral ini menandai langkah menuju pembuatan vaksin “generasi kedua” yang secara teoritis lebih efisien, dapat diakses, dan lebih mudah didistribusikan.

Seorang Profesor Kedokteran di Universitas East Anglia, Inggris, Paul Hunter mengatakan bahwa vaksin oral ini lebih banyak manfaat jika dibandingkan dengan vaksin melalui aliran darah.

“Kami memerlukan studi yang dilakukan dengan benar untuk membuktikan manfaat vaksin oral. Tapi mereka mungkin juga bermanfaat pada orang yang sangat fobia jarum, dan mungkin lebih mudah dan lebih cepat untuk diberikan,” terangnya.

Tak hanya itu, Paul juga mengatakan bahwa vaksin oral dapat memberikan beberapa keuntungan medis, misalnya meskipun vaksin sistemik bagus dalam mencegah penyakit, vaksin itu tidak selalu bagus dalam menghentikan infeksi awal.

Sementara itu CEO Oramed, Nadav Kidron mengatakan bahwa vaksin oral berpotensi memungkinkan orang untuk memvaksinasi dirinya sendiri di rumah mereka. Vaksin semacam itu dapat dikirim di lemari es normal dan disimpan pada suhu kamar, sehingga lebih mudah. dalam hal distribusi jarak jauh.

Vaksin oral adalah salah satu pilihan yang sedang dipertimbangkan untuk vaksin generasi kedua, yang dirancang agar lebih berskala, lebih mudah diberikan, dan lebih sederhana untuk didistribusikan.

Oravax merupakan usaha patungan oleh 2 firma, yaitu perusahaan Israel-Amerika Oramed dan perusahaan India Premas Biotech.

D For GAEKON