Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Untuk Pekerja Publik Dan Lansia Akan Dimulai Besok

0

Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Untuk Pekerja Publik Dan Lansia Akan Dimulai BesokGaekon.com – Vaksinasi Covid-19 tahap kedua akan dilaksanakan besok (17/2). Vaksinasi kali ini akan diberikan untuk para pekerja publik dan lansia.

Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dr.dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM. MARS menerangkan bahwa kelompok masyarakat yang masuk dalam prioritas vaksinasi tahap kedua yang memiliki interaksi dan mobilitas yang tinggi.

“Ketika mereka terlindungi lewat vaksinasi, maka kita dapat menurunkan laju penyebaran virus, mengurangi beban rumah sakit serta membantu tenaga kesehatan,” terangnya.

Pekerja publik penerima vaksinasi Covid-19 tahap kedua yakni tenaga pendidik (guru dan dosen), pedagang pasar, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, pegawai pemerintah, TNI, Polri, Satpol PP.

Kemudian untuk pelayan publik yaitu, perangkat desa, BUMN, BUMD, pemadam kebakaran, transportasi publik, atlet, wartawan dan pelaku sektor pariwisata (staf hotel, restauran dan tempat wisata).

Tahap awal vaksinasi bagi pekerja publik akan dilakukan kepada pedagang pasar di Pasar Tanah Abang pada Rabu 17 Februari 2021. Dalam tahap awal ini, vaksinasi bagi pedagang pasar akan berlangsung selama 6 hari dan menargetkan 55.000 orang pedagang pasar di Tanah Abang.

Pemerintah akan melakukan vaksinasi secara bertahap, lantaran target vaksinasi tahap kedua ini sangat besar. Vaksinasi akan dimulai pada 7 provinsi di Jawa dan Bali yang juga merupakan zona merah dengan jumlah pasien dan tingkat penyebaran tertinggi di Indonesia.

Sekitar 70 persen kasus Covid-19 berada pada tujuh provinsi ini sehingga akan mendapatkan prioritas.

Diharapkan vaksinasi tahap kedua ini bisa selesai pada Mei 2021. Total sasaran vaksinasi tahap kedua mencapai 38,5 juta orang. Terdiri dari 16,9 juta pekerja publik dan 21,5 juta Lansia.

D For GAEKON