Videonya Viral, Warga Laporkan Risma ke Bawaslu Atas Dugaan Kampanye Terselubung

0

Videonya Viral, Warga Laporkan Risma ke Bawaslu Atas Dugaan Kampanye TerselubungGaekon.com – Sebuah video mendadak viral di media sosial yang memperlihatkan Wali Kota Surbaya Tri Rismaharini mendukung pasangan calon Eri Cahyadi-Armuji dalam pemilihan Wali Kota Surabaya 2020. Video yang berdurasi sekitar 1 menit 37 detik ini, terlihat Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta kepada peserta acara yang merupakan kaum ibu pelaku UMKM untuk mendukung Pasangan Eri Cahyadi-Armuji.

Dilansir dari Kompas.tv, dalam video tersebut Risma juga meminta peserta acara daring untuk memilih Eri jika ingin program-programnya terus berjalan. Kegiatan tersebut, diduga dilakukan pada 18 Oktober 2020 lalu. Karena dinilai melanggar peraturan pemilu, hal itulah yang membuat warga melaporkan risma ke Bawaslu Kota Surabaya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Surabaya, Yakub Balia Al Arif menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan penelusuran terkait video Risma yang viral ini. Yakub menyebut, saat ini pihaknya masih mengumpulkan informasi awal untuk mengkaji apakah ada pelanggaran yang dilakukan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Pihak Bawasalu juga telah melakukan penulusuran soal izin cuti yang dilakukan Tri Rismaharini.

Sedang menurut Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menegaskan bahwa dirinya telah mengajukan cuti. Pernyataan ini terkait viralnya video kampanye daring dirinya yang mengajak warga memilih Cawali Nomor 1 Eri Cahyadi di media sosial.

Selain itu, Risma mengajukan surat cuti kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada 13 Oktober 2020, yang telah dijawab gubernur tanggal 15 Oktober. Tidak hanya di tanggal itu saja, Risma juga mengajukan cuti pada akhir pekan yakni pada hari sabtu-minggu hingga hari tenang kampanye serta pada 10 November 2020 mendatang.

Z For GAEKON