Viral, Awan Di Bali Warna-Warni Mirip Pelangi

0

Viral, Awan Di Bali Warna-Warni Mirip PelangiGaekon.com – Fenomena awan warna-warni di langit Kota Denpasar, Bali seketika viral di media sosial. Awan tersebut sekilas mirip dengan pelangi.

Seperti yang diunggah di akun instagram @denpasar.viral, dalam video itu terlihat awan berwarna merah muda, biru, dan jingga muda.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Agus Wahyu Raharjo menanggapi soal fenomena tersebut. Menurutnya, peristiwa tersebut biasa saja, namun jarang terjadi.

“Ini fenomena peristiwa alam biasa saja yang terjadi di awan, awan berproses dengan sinar matahari yang intensitasnya ringan sampai sedang namun memang jarang terjadi,” kata Agus.

Proses Terbentuknya Awan Warna-Warni Mirip Dengan Proses Terbentuknya Pelangi

Agus menerangkan bahwa fenomena tersebut bernama cloud iridescence atau irisation. Proses terbentuknya awan warna-warni ini mirip dengan proses terbentuknya pelangi. Yakni, sinar matahari menembus butiran uap air yang terdapat di awan.

Irisation ini dapat terbentuk karena adanya difraksi atau pantulan dari sinar matahari yang mengenai tetes air atau kristal es yang sangat kecil dan seragam bentuknya dalam sistem awan,” terangnya.

Agus mengatakan fenomena ini terjadi pada sistem awan yang masih relatif tipis. Dengan kondisi itu, komposisi awan masih didominasi parameter tetes air atau kristal es yang sangat kecil dan seragam bentuknya.

“Proses terbentuknya mirip seperti pelangi, di mana cahaya matahari yang datang akan dibiaskan oleh partikel-partikel tersebut. Cahaya akan dipisahkan menurut panjang gelombangnya (refraksi cahaya), mulai dari yang terpanjang (merah) hingga terpendek (ungu),” ungkapnya.

D For GAEKON