Viral Foto Pasien Covid-19 Di RSHS Bandung, Ini Kata Pihak Rumah Sakit

0

Viral Foto Pasien Covid-19 Di RSHS Bandung, Ini Kata Pihak Rumah SakitGaekon.com – Melonjaknya kasus Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia membuat rumah sakit dipenuhi pasien. Bahkan ada beberapa rumah sakit yang sudah tidak bisa menerima pasien lagi karena jumlah tempat tidur tak mencukupi.

Seperti sebuah foto yang baru-baru ini beredar, dalam foto itu memperlihatkan kondisi penanganan pasien Covid-19 di RS Hasan Sadikin (RSHS Bandung).

Sejumlah pasien terlihat terbaring di atas tempat tidur. Mereka memenuhi ruangan Instalasi Gawat Darurat. Di antara para pasien terlihat ada yang terbaring lemas menggunakan alat bantu pernapasan.

Tanggapan Pihak RSHS Bandung

Plh Direktur Pelayanan Medik, Perawatan, Penunjang RS Hasan Sadikin Bandung Yana Akhmad Supriatna menanggapi foto tersebut.

Pihaknya membenarkan bahwa foto itu di sebuah ruangan di RSHS, namun sudah sekitar dua hingga tiga hari lalu. Foto itu menggambarkan kondisi selasar/beranda IGD.

“Perlu kami sampaikan bahwa kalau foto itu sih memang betul itu kondisi di RSHS dua hingga tiga hari lalu,” kata dia.

Yana mengungkapkan bahwa saat itu pasien yang datang ke rumah sakit meningkat hingga sekitar 70 pasien.

“Itu saat terjadi peningkatan kedatangan pasien di saat bersamaan sampai kedatangan 50 orang lebih, Jadi ada beberapa yang kami tempatkan, itu pada saat kami lakukan observasi sebelum pasien itu direlokasi,” ujarnya.

Namun Yana sangat menyayangkan foto tersebut. Pasalnya, foto itu diambil oleh seseorang yang tak diketahui identitasnya.

Yana menegaskan, foto tersebut diambil tanpa mendapatkan izin dari pihak rumah sakit. Ia berharap tak ada lagi peristiwa serupa karena melanggar privasi.

D For GAEKON