Viral Limbah Rapid Test Berserakan Di Tepi Jalan Tol Simpang Bakauheni

0

Viral Limbah Rapid Test Berserakan Di Tepi Jalan Tol Simpang BakauheniGaekon.com – Beredar sebuah video yang memperlihatkan pemandangan limbah medis rapid test. Limbah ini ditemukan berserakan di tepi jalan sekitaran Tol Simpang Bakauheni, Desa Hatta, Lampung Selatan.

Diduga Saat Rapid Test Massal Penyekatan Lebaran

Banyaknya limbah ini diduga merupakan Rapid Test massal terhadap pengguna jalan pada saat penyekatan mudik Lebaran Mei 2021.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, penemuan limbah medis pada Sabtu (17/7) itu dibantah keras oleh Dinas Kesehatan Lampung Selatan. Pihaknya membantah bahwa limbah itu merupakan rapid test yang digunakan Dinas Kesehatan saat melakukan Rapid Test di masa penyekatan Lebaran lalu, Sabtu (18/7).

Pihak dinas mengklaim bahwa sampahnya telah dibuang hingga bersih oleh pihak ketiga dari rumah sakit.

Sementara itu, Direktur RSUD Bob Bazar Kalianda, Media Apriliana mengklaim telah mengambil limbah rapid test di tiap pelayanan rapid test pada pos penyekatan, Minggu (18/7).

Menurut Bob, tumpukan sampah medis itu bisa saja dilakukan oleh oknum tenaga kesehatan dari Puskesmas sebelum adanya jadwal pengangkutan sampah medis dari pihak ketiga.

“Kita angkut yang sudah dikemas ya, maksudnya sudah dalam kantong plastik medis. Karena, truk akan angkut semua sampah medis di pos-pos penyekatan. Karena sebelumnya kan sampah kadang-kadang dibawa oleh mereka (oknum tenaga kesehatan) pakai mobil ambulan puskesmas. Sementara, sampah ini kan sampah medis yang beresiko untuk teman-teman nakes puskesmas kalau bawa bolak balik menggunakan ambulan,” jelasnya.

Berdasarkan infomasi yang dihimpun, limbah tersebut merupakan rapid test antibody, di antaranya mulai dari plastik pembungkus, kotak kardus, botol bekas alkohol pad, pipet, bahkan hingga jarum, dan pengencer.

Dalam video yang beredar tersebut, terlihat limbah medis yang masuk kategori limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) cukup banyak sekali.

D For GAEKON