Viral Makam di Madiun Dicat Warna-Warni, Seperti Ini Alasannya

0

Gaekon.com – Setiap orang yang memasuki kawasan makam pasti hal pertama yang dirasakan adalah perasaan takut. Apalagi ketika memasuki kawasan tersebut, biasanya rasa was-was juga menyelimuti perasaan lantaran suasana angkernya. Eits, bagaimana jadinya jika makam-makam tersebut diwarnai dengan berbagai macam warna, apakah suasananya tetap menyeramkan dan angker?

Makam dengan cat warna-warni tersebut ternyata benar-benar ada. Seperti yang berada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dukuh Nguwot, Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun yang batu nisan dan pepohonannya dicat warna-warni. Bahkan Makam-makam dengan cara swadaya dicat oleh warga setempat.

Melalui Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tawangrejo, Gunawan mengatakan, pengecatan makam warna- warni tersebut sengaja dilakukan semata-mata hanya untuk menghilangkan kesan horor atau angker seperti makam-makam biasanya. Gunawan juga mengatakan, butuh waktu sebulan untuk melakukan pengecatan komplek pemakaman tersebut.

“Kalau makam yang dulu itu kan kesannya menakutkan kalau dibuat seperti ini kan makam itu seolah-olah sama seperti tempat rekreasi. Jadi anak kecil pun tidak takut masuk makam. Ini kan kalau malam lampunya terang jadi kesan menakutkan itu hilang,” kata Gunawan, Kamis (25/6/2020).

Ditempat terpisah, Lurah Tawangrejo, Karneli juga membenarkan terkait pengecatan komplek pemakaman tersebut murni dari ide warga. Ia juga mengatakan bahwa jika dulunya makam tersebut jarang dikunjungi. Menurutnya, pengecatan tersebut ingin menghilangkan kesan seram.

“Tentunya ini kita sampaikan kepada masyarakat bahwa makam ini kan tempat kita terakhir, tentunya jangan sampai makam itu terkesan seram. Makanya inovasi dari masyarakat, di sini dilengkapi dengan lampu sehingga kalau malam bisa terang. Dulunya jarang disobo (disambangi), alhamdulillah masyarakat banyak yang ke sini,” tutur Karneli.

Total biaya yang dikeluarkan oleh warga setempat diperkirakan mencapai sekitar Rp 10 juta. Bagian-bagian yang dicat oleh warga tidak hanya nisan saja, warga juga mengecat akses masuk ke makam termasuk pagar yang mengelilingi makam. Tidak hanya itu saja, sepanjang pintu masuk dan di dalam makam juga ditanami aneka bunga hias sehingga kesan menakutkan hilang.

Z For GAEKON