Viral Patung Burung Garuda Berwarna Putih Dilaporkan Warga Ke Polisi

0

Viral Patung Burung Garuda Berwarna Putih Dilaporkan Warga Ke PolisiGaekon.com – Patung Burung Garuda berwarna putih di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara ini mendadak viral pasca dilaporkan oleh seorang warga ke Polres Asahan.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Wiga Haryadi merupakan warga yang melapor ke Polres Asahan. Ia bersama dua warga lain yang melaporkan kejadian itu.

Wiga menjelaskan mengapa ia nekat melaporkan patung tersebut ke kantor polisi. Menurutnya, warna patung burung garuda itu sebelumnya bukan putih, melainkan kuning emas.

“Awalnya warna kuning emas. Sudah lama itu warna kuning emas. Karena kemarin kita enggak tahulah apakah ada hubungannya, sebelum ulang tahun Kabupaten Asahan, kan, seluruh kantor dicat putih. Jadi kita enggak tahu, tiba-tiba garudanya putih juga,” ujar Wiga.

Laporan Wiga tersebut dalam bentuk Dumas (Pengaduan masyarakat). Wiga menyebut, pengecatan patung burung garuda menjadi putih itu tidak sesuai undang-undang negara. Maka dari itu ia melaporkannya ke polisi.

“Bersamaan dengan itu kita melapor ke Polres (Asahan). Laporannya dalam bentuk Dumas (Pengaduan masyarakat),” ujar Wiga.

Wiga berharap polisi bisa mengusut dalang pelaku pengubahan lambang negara ini.

“Bahwa diundang-undang itu warna burung garuda warna kuning emas. Kemudian ada juga ancaman pidananya. Kalau ada perubahan warna lambang negara kita,” terang Wiga.

Kasat Reskrim Polres Asahan AKP Rahmadhani membenarkan adanya laporan ini. “Itu infonya (warna putih) cat dasar, sekarang sudah dicat sesuai aslinya,” ujar Rahmadhani.

Patung burung garuda berwarna putih itu berada di pinggir pasar. Perisai Pancasila di dadanya sama seperti gambar burung garuda umumnya.

D For GAEKON