Viral Penjual Cilok Beli 3 Apartemen Hingga Naikkan Haji Orangtua

0

Viral Penjual Cilok Beli 3 Apartemen Hingga Naikkan Haji OrangtuaGaekon.com – Seorang penjual cilok asal Jember, Jawa Timur baru-baru ini jadi sorotan warganet. Meskipun terlihat hanya usaha cilok, namun sosok penjual cilok bernama Harsono ini mampu membeli sejumlah properti seperti rumah hingga apartemen.

Dalam video yang diunggah akun @makanananakkosjember di TikTok memperlihatkan sosok penjual cilok yang sukses. Cilok bikinan Harsono ini memang terkenal luas di Jember. Bahkan stan ciloknya sudah bisa ditemui di berbagai tempat.

Diantaranya seperti di dekat kantor DPRD Jember, Universitas Jember, hingga Universitas Muhammadiyah Jember. Cilok Edy ini juga memiliki cabang hingga di kabupaten Probolinggo dan Bondowoso.

Hasil Dari Jualan Cilok

Berkat usaha ciloknya itu, Harsono bisa membeli sejumlah properti, seperti tiga apartemen, 13 rumah kontrakan hingga sawah.

Rasa dan keunikan cilok milik Harsono membuat banyak orang ketagihan membelinya. Sejak itu, cilok Harsono dikenal dengan sebutan ” Cilok Edy”. Tak hanya sukses membeli properti seperti apartemen kontrakan hingga sawah, Harsono diketahui juga baru saja menaikkan haji orang tuanya pada 2019 lalu.

Sebelum pandemi, Harsono bisa meraup keuntungan hingga Rp 9 juta per hari. Namun kini penjualannya menurun, sehari hanya bekisar Rp5 juta. Dari usahanya tersebut, ia bisa mempekerjakan sepuluh karyawan.

Rupanya kesuksesan Harsono ini tak dilakoni secara instan. Awalnya, ia menjadi seorang tukang ojek. Namun penghasilannya tak bisa mencukupi kebutuhan hidup. Ia kemudian sempat beralih profesi menjadi tenaga honorer petugas kebersihan di Dinas Pekerjaan Umum dan Cipta Karya Jember.

Masih tak menutup kebutuhannya, ia akhirnya berjualan cilok. Setelah melakukan riset kecil-kecilan, ia menyadari jika di Jember tidak ada penjual cilok daging, hanya ada cilok tepung. Ia mencoba membuat cilok daging dengan resep yang berasal dari sang ayah.

Ayah Harsono merupakan penjual cilok di Bali. Dengan modal awal Rp20 ribu, Harsono nekat memulai usaha ciloknya. Ia memasarkan produknya ke berbagai tempat hingga akhirnya bisa membuka cabang dimana-mana.

D For GAEKON