Viral, Seekor Burung Nyanyi Mirip Suara Tangisan Bayi

0

Viral, Seekor Burung Nyanyi Mirip Suara Tangisan BayiGaekon.com – Seekor burung Lyrebird jantan di Kebun Binatang Taronga di Sydney, Australia baru-baru ini sontak menuai sorotan. Pasalnya, burung ini bernyanyi dengan suara tangisan bayi.

Dalam video yang diunggah akun twitter @tarongazoo ini memperlihatkan seekor burung bernama Echo mampu mengeluarkan suara yang tak biasa.

Burung berusia 7 tahun ini mengeluarkan suara lengkingan dan jeritan khas anak lagi tantrum yang enggak enak didengar kuping. Supervisor unit burung Taronga, Leanne Golebiowski mengatakan bahwa Echo menirukan suara bayi itu dari para pengunjung.

“Saya hanya bisa berasumsi bahwa dia mengambilnya (suara tangis bayi) dari tamu kami. Jelas dia telah mengerjakan karyanya selama lockdown,” kata Leanne Golebiowski.

Rajin Bernyanyi Dengan Suara Bor Dan Alarm

Petugas Kebun Binatang Taronga bahkan mengatakan bahwa Echo belakangan rajin bernyanyi dengan suara bor listrik dan alarm kebakaran.

“Ada dua suara lain yang dia buat saat ini yang baru dia pelajari. Salah satunya adalah suara bor listrik yang sangat akurat. Yang kedua adalah alarm kebakaran kami. Dia bahkan memiliki pengumuman ‘evakuasi sekarang’,” tambahnya.

Hingga saat ini, masih belum jelas mengapa burung-burung ini meniru suara yang mereka dengar. Para peneliti berpikir, fungsi tiruan suara yang dinyanyikan burung lyrebird tergantung konteks.

Burung lyrebird jantan, misalnya, lebih banyak bernyanyi suara tiruan pada musim kawin, yang menandakan bahwa nyanyian mereka terkait dengan ajakan kawin.

Menurut Alex Maisey dari La Trobe University kemampuan burung lyrebird menirukan suara membuktikan bahwa mereka punya memori yang kuat. Meskipun burung lyrebird diketahui dapat meniru alarm mobil dan gergaji mesin, Maisey mengatakan bahwa meniru suara manusia adalah tabiat yang tidak biasa.

“Tidak diragukan lagi beberapa populasi liar memiliki suara manusia dalam repertoar mereka, tetapi umumnya sangat jarang,” kata Maisey.

Burung lyrebird (Menura novaehollandiae), yang habitat aslinya di Australia, memang terkenal punya kemampuan meniru suara mirip seperti apa yang dia dengar di sekitarnya.

Burung lyrebird sendiri menghasilkan tiruan suara melalui organ vokal yang disebut syrinx. Menariknya, syrinx di burung lyrebird lebih sederhana dibandingkan dengan burung penyanyi lainnya. Syrinx di burung lyrebird hanya terdiri dari tiga pasang otot, bukan empat dan dianggap relatif primitif.

D For GAEKON