Viral Sejumlah Anak SD Bergelantungan di Jembatan Gantung, Begini Kata Kadin PUPR Sulbar

0

Viral Sejumlah Anak SD Bergelantungan di Jembatan Gantung, Begini Kata Kadin PUPR SulbarGaekon.com – Jembatan gantung di Desa Pamoseang, Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa yang viral belakangan ini membuat Kepala Dinas PUPR Sulawesi Barat, Muhammad Aksan angkat bicara.

Pihaknya akan mengkoordinasikan dan melihat langsung ke lokasi. Aksan mengatakan bahwa jembatan gantung tersebut merupakan kewenangan Pemkab Mamasa.

“Kami dengan balai sudah berkoordinasi, jadi kami kirim staf dulu ke sana mau lihat posisinya di mana,” kata Aksan.

Kepala Dinas PUPR Sulawesi Barat Surati Gubernur Soal Jembatan Gantung

Aksan mengungkapkan bahwa dirinya akan membuat surat ke Gubernur Sulbar untuk diusulkan ke kementerian guna pembangunan jembatan tersebut.

“Kita akan buat surat ke gubernur untuk mengusulkan ke kementerian, minta satu jembatan untuk jembatan gantung. Sebenarnya juga ada akses jalan dekat di situ tapi belum bagus, jadi kita minta jembatan rangka baja dibuat di situ,” ujar Aksan.

“Kita berusaha, kalau kabupaten tidak jalan, kita yang jalan dan kita buatkan akses jalan yang besar tapi bukan di situ (posisi jembatan),” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mamasa, Daud Tandiarruan, menilai perbaikan jembatan di Desa Pamoseang bukan hanya kewenangan Pemkab Mamasa dalam hal ini Dinas PUPR Mamasa atau Pemerintah Desa Pamoseang, tetapi juga Pemprov Sulawesi Barat.

“Saya kira itu hanya pembagian tugas saja, kalau provinsi (Pemprov Sulbar) juga punya duit bantulah kami, atau kalau balai punya duit, bantulah. Tidak perlu kita memisah-misahkan kewenangan kabupaten, provinsi dan pusat. Ketika kita peduli dengan masyarakat, siapa pun dan level tingkatan marilah kita bantu,” kata Daud.

Dalam video yang viral belakangan ini terlihat warga setempat harus bertaruh nyawa dengan cara bergelantungan di jembatan yang rusak demi menyeberangi sungai. Mereka menyeberangi sebuah jembatan gantung yang nyaris putus.

Bahkan dalam sebuah video yang beredar terlihat juga sejumlah siswi sekolah dasar tengah bergelantungan untuk menyeberangi sungai tersebut.

D For GAEKON