Viral, Tumpukan Sampah Di Bangkalan Nyaris Menutup Jalan

0

Viral, Tumpukan Sampah Di Bangkalan Nyaris Menutup JalanGaekon.com – Pemandangan pinggir jalan di Bangkalan, Madura, Jawa Timur belakangan ini jadi sorotan. Pasalnya, jalan itu terlihat dipenuhi dengan sampah, sehingga sulit untuk dilewati.

Dalam video yang diunggah akun instagram @wecarebangkalanmadura memperlihatkan seorang pengendara membagikan momen dirinya melewati sebuah jalan.

Sang perekam dan para pengguna jalan lainnya terlihat kesulitan melewati jalanan tersebut. Penyebabnya tak lain adalah tumpukan sampah yang meluber hingga memenuhi separuh lebih jalanan.

Sehingga hampir semua jalan tertutup dengan tumpukan sampah. Jalanan itu sontak menjadi kotor dan membuat lalu lintas disekitar menjadi macet.

Beberapa pengendara sampai terpaksa lewat pinggir jalan yang juga becek karena sampah. Menanggapi informasi soal tumpukan sampah yang diketahui berlokasi di TPS Lebak, Pangeranan, Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron langsung bergegas menuju lokasi kejadian, yakni Selasa (16/11).

Abdul meminta agar tumpukan sampah yang meluber itu untuk segera dibersihkan. Ia pun mengakui bahwa tumpukan sampah itu mengganggu warga setempat.

“Ada empat armada yang dikerahkan. Saya sudah memerintahkan agar segera dibersihkan hari ini juga,” kata Abdul.

Terlihat juga petugas Dinas Kebersihan sedang mengangkut sampah-sampah itu. Abdul menyebut akan membangun Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) di lokasi tersebut agar pengolahan menjadi lebih baik.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan Yudistiro mengatakan bahwa penyebab tumpukan sampah itu karena terjadi pembuangan sampah liar, yakni dengan tiga sampai empat pikap, di luar warga Pangeranan.

Aksi pembuangan sampah dengan cara meletakkannya di bahu jalan tersebut pun dikecam dan disayangkan oleh Yudistiro. Ia lalu meminta warga Pangeranan dan sekitar agar disiplin dalam membuang sampah. Video tersebut seketika viral dan mengundang komentar dari warganet.

“Bau sedap di situ, Min. Apalagi kalau hujan begini, ulala sekali,” ujar @fatima_assyahru.

“Duhh, iyaaa, sempet lewat situ. Sampahnya sampai ke jalan,” sahut @callmechicaa.

D For GAEKON