Viral Uang Kertas 1.0 Disebut Rp 1 Juta, Begini Faktanya

0

Viral Uang Kertas 1.0 Disebut Rp 1 Juta, Begini FaktanyaGaekon.com – Baru-baru ini viral sebuah video yang memperlihatkan uang kertas bertuliskan pecahan 1.0. Namun uang itu disebut sebagai uang pecahan Rp 1 juta.

Video tersebut sontak viral di media sosial usai diunggah akun TikTok @Wandyskay.

“Uang pecahan selembar 1 juta,” tulis akun tersebut.

Uang tersebut terlihat seperti uang kertas pada umumnya, berbentuk persegi panjang dan berwarna coklat muda. Tepat disebelah pojok bawah bertuliskan 1.0. Unggahan video tersebut sontak viral dan mengundang komentar warganet.

“Ga tertarik tar ilang selembar demamnya seminggu,” komentar @Silvi”!!.

“Ogah, uang bikin mumet nt kl belanja hbs 255500 kembaliannya berapa, kudu mikir,” sahut @Hayyu sugiyanto.

Sementara itu Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Junanto Herdiawan menegaskan bahwa uang pecahan rupiah kertas yang berlaku saat ini nominal tertinggi adalah Rp 100.000 (seratus ribu rupiah).

“Jadi tidak benar ada pecahan uang kertas Rp 1 juta,” ujarnya.

Head of Corporate Secretary Peruri Adi Sunardi mengatakan bahwa uang 1.0 dalam video viral tersebut adalah uang specimen. Sehingga uang tersebut tidak bisa digunakan untuk berbelanja.

“Uang specimen adalah uang contoh, yang tidak sah untuk alat pembayaran,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Peruri membuat uang specimen untuk kepentingan internal yang bisa digunakan sebagai alat pemasaran (marketing tools) untuk mempromosikan contoh produk atau uang yang diproduksi oleh Peruri.

Pihaknya menegaskan, berdasarkan UU Mata Uang Nomor 7 Tahun 2011 pasal 2 telah disebutkan bahwa mata uang Indonesia adalah Rupiah, sedangkan uang specimen bukan uang rupiah.

Dari penjelasan di atas, uang 1.0 yang disebutkan sebagai uang pecahan Rp 1 juta merupakan informasi yang tidak benar. Uang tersebut merupakan uang specimen yang dikeluarkan oleh Peruri dan tidak berlaku sebagai alat pembayaran.

D For GAEKON