Viral Wanita Cantik Pakai Seragam PNS Mengkilap, KASN: Jika Terbukti Bersalah Akan Dijatuhi Hukuman Disiplin

0

Viral Wanita Cantik Pakai Seragam PNS Mengkilap, KASN: Jika Terbukti Bersalah Akan Dijatuhi Hukuman DisiplinGaekon.com – Seorang wanita cantik memakai seragam PNS coklat mendadak viral di media sosial. Pasalnya wajah wanita ini mengkilap dengan riasan yang sangat tebal.

Dalam video akun Tiktok @sumarniati_marni memperlihatkan dirinya sedang memakai seragam PNS untuk melakukan beberapa aktivitasnya, seperti membuat sambal, menyiram mobil, dan menggeser galon minuman.

Ia yang memakai kerudung merah muda lengkap dengan baju PNS coklatnya sontak menjadi sorotan warganet. Hal ini lantaran bentuk celananya tampak berbeda karena warnanya berkilau berbeda dengan seragam PNS pada umumnya.

Anggota Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Rudiarto Sumarwono ikut berkomentar mengenai kasus yang viral itu. Ia menegaskan bahwa wanita yang ada di video tersebut harus dipastikan pegawai PNS Kementerian/Lembaga atau PNS Pemda.

“Setelah diidentifikasi, segera dikonfirmasi dengan peraturan yang ada. Kalau yang bersangkutan adalah PNS Kementerian/Lembaga maka pasti ada Keputusan Menteri/Kepala Lembaga tentang Pakaian Dinas PNS yang bisa dijadikan acuan untuk pemeriksaan,” ungkapnya seperti yang dilansir dari Kumparan.

Rudiarto menjelaskan bahwa aturan seragam atau pakaian dinas PNS diatur dalam Perpres No. 71 Tahun 2018 tentang Tata Pakaian Pada Acara Kenegaraan dan Acara Resmi, Permendagri No. 11 Tahun 2020 tentang Ketentuan Pakaian Dinas ASN (Khusus Kemendagri dan Pegawai Daerah: Provinsi/Kab/Kota), dan sejumlah peraturan lembaga di masing-masing instansi.

Nantinya jika terbukti melanggar, yang bersangkutan bisa dijatuhi hukuman disiplin sesuai dengan tingkat kesalahannya. Hukuman disiplin tersebut, diatur dalam PP No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

“Sesuai dengan peraturan yang berlaku, yang berhak melakukan peneguran, pemeriksaan dan langkah-langkah lanjutan lainnya adalah atasan yang bersangkutan atau pimpinan instansi,” jelasnya.

D For GAEKON