Wajib Diketahui, Inilah 5 Makna Lambang Pancasila

0
Wajib Diketahui, Inilah 5 Makna Lambang Pancasila

Gaekon.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual, dari Ruang Garuda Istana Kepresidenan Bogor, Senin (1/6/2020).

Sebenarnya, Peringatan Hari Lahir Pancasila, selalu digelar disetiap tahunnya. Pancasila sebagai dasar negara memiliki lima lambang. Dimana setiap lambangnya memiliki makna yang sangat penting bagi warga Indonesia sendiri.

Kali ini GAEKON Indonesia akan memberikan sebuah informasi untuk sobat Gaekoners, terkait makna-makna apa saja yang terkandung dalam setiap sila-sila Pancasila. Berikut makna lima lambang di Garuda Pancasila.

1. Bintang Emas

Makna Sila 1, Ketuhanan Yang Maha Esa dilambangkan dengan Perisai hitam dengan sebuah bintang emas berkepala lima (bersudut lima), bintang emas sendiri dapat diartikan sebagai sebuah cahaya seperti layaknya Tuhan yang menjadi cahaya kerohanian bagi setiap manusia.

Bunyi Sila ke 1 – “Ketuhanan Yang Maha Esa”

2. Rantai

Makna Sila 2, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dilambangkan Rantai yang disusun atas gelang-gelang kecil ini menandakan hubungan manusia satu sama lain yang saling membantu, gelang yang persegi menggambarkan pria sedangkan gelang yang berbentuk lingkaran menggambarkan wanita.

Bunyi Sila ke 2 – “Kemanusiaan yang adil dan beradab”

3. Pohon Beringin

Makna Sila 3, Persatuan Indonesia dilambangkan dengan pohon beringin (Ficus benjamina) di bagian kiri atas perisai berlatar putih, Pohon beringin merupakan sebuah pohon Indonesia yang berakar tunjang – sebuah akar tunggal panjang yang menunjang pohon yang besar ini dengan tumbuh sangat dalam ke dalam tanah. Hal ini mencerminkan kesatuan dan persatuan Indonesia. Pohon Beringin juga mempunyai banyak akar yang menggelantung dari ranting-rantingnya. Ini mencerminkan Indonesia sebagai negara kesatuan namun memiliki berbagai latar belakang budaya yang berbeda-beda (bermacam-macam).

Bunyi Sila ke 3 – “Persatuan Indonesia”

4. Kepala Banteng

Makna Sila 4, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan. Yang disimbolkan dengan kepala banteng pada bagian kanan atas perisai berlatar merah. Lembu liar atau Banteng merupakan binatang yang suka berkumpul, sama halnya dengan manusia dimana dalam pengambilan keputusan harus dilakukan secara musyawarah salah satunya dengan cara berkumpul untuk mendiskusikan sesuatu.

Bunyi Sila Ke 4 – “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”

5. Padi dan Kapas

Makna Sila 5, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia dilambangkan dengan padi dan kapas di bagian kanan bawah perisai yang berlatar putih. Kapas dan padi (mencerminkan pangan dan sandang) merupakan kebutuhan pokok semua masyarakat Indonesia tanpa melihat status maupun kedudukannya. Ini mencerminkan persamaan bahasa dimana tidak adanya kesenjangan satu dengan yang lainnya.

Bunyi Sila ke 5 – “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”

Sampai disini sobat Gaekoners pasti sudah paham terkait pembahasan tentang makna-makna yang berada didalam kandungan setiap sila Pancasila. Semoga bermanfaat ya.

Z For GAEKON