Wander Luiz Bikin Banyak Orang Khawatir Tertular Corona

0

Kepastian striker Persib Bandung Wander Luiz yang positif virus corona, mengakibatkan kegemparan dan kepanikan bagi banyak orang.

Hal ini tidak hanya dirasakan rekan-rekan setim, tapi juga dirasakan orang-orang yang berhubungan dengan Luiz di klub.

Kecemasan inilah yang disampaikan dokter tim Persib, Rafi Ghani. Dari rekan-rekan setim di Maung Bandung, wartawan, hingga tukang cukur rambut mulai menghubunginya ketika Wander Luiz menyatakan positif corona di akun Instagramnya.

Rafi mengungkapkan, mereka takut bakal tertular virus ‘flu ganas’ abad 21 ini karena merasa pernah kontak langsung dengan Wander Luiz.

“Pemain telepon saya karena pernah kontak dengan Wander Luiz. Begitu pula wartawan yang mengaku khawatir tertular karena pernah mewawancarainya secara langsung.”

“Bahkan, tukang cukur rambut ikut panik. Dia bilang pernah mencukur rambut Wander Luiz sebelum si pemain dipastikan positif virus corona. Seharusnya jangan panik seperti itu karena [virus] ini adalah self limited disease [yang menyebabkan sakit dengan batas waktu]. Tetap tenang dan jalankan imbauan agar isolasi mandiri,” ujar Rafi kepada GAEKON, melalui sambungan telepon.

Rafi lantas mengingatkan agar tidak panik. Pemain-pemain yang pernah kontak langsung dengan Wander Luiz pun, diakuinya juga sudah dites. Mereka adalah Omid Nazari, Fabiano Beltrame, dan Geoffrey Castillion, hasilnya negatif.

Rafi sendiri tak menyangkal adanya kehebohan dan kepanikan melanda usai Wander Luiz sendiri yang menyatakan melalui akun Instagram bahwa dia positif corona.

“Halo, bobotoh. Saya sudah menjalani tes corona dan hasilnya positif. Namun, saya merasa baik-baik saja, tidak ada gejala,” ujar Luiz melalui video yang diunggah di akun Instagram pribadinya.

Luiz memastikan bahwa dirinya akan terus mengikuti panduan dan protokol kesehatan. Ia pun sudah mengisolasi dirinya sendiri.

“Semoga semuanya akan baik-baik saja dan saya bisa bermain sepak bola lagi,” katanya di akhir video.

Wander Luiz terkena virus corona dengan tanpa gejala atau asymptomatic. Sang dokter menduga dia kemungkinan tertular ketika berada di Bali saat menemani sang ayah yang datang dari Brasil. 

Pemain 28 tahun itu sempat mengunggah di akun Instagram pada 17 Maret tengah berada di Pulau Dewata.

Wander Luiz dinyatakan positif corona setelah melalui tes pada 26 Maret. Tes tersebut dilakukan kepada pemain asing lainnya yaitu Castillion dan Nazari, serta pemain naturalisasi asal Brasil, Fabiano Beltrame.

Mereka menjalani tes karena harus mendapat surat keterangan negatif Covid-19 untuk terbang ke negara kelahiran masing-masing sebagai prosedur pemeriksaan di Bandara. Dari hasil tes itu, hanya Wander Luiz yang dinyatakan positif.

Persib juga sebelumnya melakukan tes pada 12 orang pemain dan ofisial pada 16 Maret. Nama Wander Luiz jadi salah satu pemain yang tak ikut tes karena sudah berada di Bali ketika klub sudah meliburkan diri karena kompetisi Liga 1 terhenti. Hasilnya, sebanyak 12 orang tersebut dinyatakan negatif.

Rafi sendiri enggan menyebutkan satu per satu pemain dan ofisial yang mengikuti tes corona pada 16 Maret karena bisa menimbulkan kekhawatiran lagi.

“Bisa-bisa nanti yang tidak ikut tes malah dicurigai dan lain sebagainya. Pokoknya sekarang yang terpenting jalani isolasi di rumah masing-masing, itu saja,” tutur Rafi. 

Rafi selanjutnya mengungkapkan, ayah Wander Luiz, bakal menjalani tes virus corona atau Covid-19 Minggu (29/3) besok.

Sang ayah pemain asal Brasil itu sejauh ini masih berstatus sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) tanpa gejala. Meski demikian, pihak Maung Bandung tetap akan melakukan tes virus corona untuk ayah kandung Luiz.

W For GAEKON