Viral Para Warga Bawa Sapu Lidi Di Pinggir Jalan Untuk Menyapu Uang Dari Pemudik

0

Viral Para Warga Bawa Sapu Lidi Di Pinggir Jalan Untuk Menyapu Uang Dari PemudikGaekon.com – Video sejumlah warga yang ramai-ramai membawa sapu lidi dipinggir jalan mendadak viral. Peristiwa ini diketahui terjadi di Jalur Pantai Utara (Pantura).

Menurut keterangan dalam video, para warga itu membawa sapu lidi untuk menyapu uang dari pemudik. Aksi tersebut dibagikan akun Instagram @rembolsuroboyo.

“Nyaponi duwek (menyapu uang). Yg mudik via pantura ada pemandangan menarik di indramayu,” demikian narasi yang dituliskan pemilik akun.

Sang pemilik akun bernama Iman Pujiono mengabadikan momen tersebut di tengah perjalanan mudiknya dari Jakarta ke Solo, Jawa Tengah.

“Itu memang tradisi masyarakat setempat,” kata Iman.

Ia menceritakan, sejumlah masyarakat itu sedang menanti pelemparan uang dari pemudik yang melintas. Para warga mulai dari anak-anak hingga dewasa yang siap menyapu uang itu berjajar hingga 1 kilometer.

“Banyak sih, padat. Ada anak-anak juga. Tua, muda, dan anak-anak. Padat,” kata Iman.

Tanggapan Sosiolog Soal Warga Yang Membawa Sapu Lidi

Sementara itu menurut Sosiolog dari Universitas Airlangga (Unair) Bagong Suyanto berpendapat bahwa tradisi menyapu uang yang diberikan pemudik adalah suatu hal yang menarik.

“Itu simbol yang merepresentasikan kerentanan masyarakat di daerah dan posisi mereka yang menunggu masyarakat berderma,” ujar Bagong.

D For GAEKON