Warga Buleleng Digegerkan Ledakan Benda Jatuh Dari Langit

0

Warga Buleleng Digegerkan Ledakan Benda Jatuh Dari LangitGaekon.com – Ledakan yang sempat menggegerkan warga Buleleng, Bali ternyata bukan sembarang ledakan. BMKG memastikan bahwa suara tersebut bukanlah gempa bumi.

Kasubag Humas Polres Buleleng Iptu Gede Sumarjaya mengatakan ada benda yang jatuh dari langit sebelum terdengar suara ledakan.

“Hasil penyelidikan dan informasi yang diperoleh dari beberapa tempat di Buleleng seperti Desa Pengastulan dan Dencarik bahwa suara ledakan tersebut terdengar setelah adanya semacam benda yang bersinar dari langit di arah barat laut Buleleng yang jatuh,” terang Iptu Gede.

Ledakan tersebut terekam dalam data seismogram Pusat Gempa Regional (PGR) BMKG Wilayah III Denpasar. Sinyal anomali itu berdurasi 20 detik. Ia memastikan suara ledakan itu bukan gempa. Karena sinyal tersebut hanya tercatat di BMKG Singaraja.

“Memang ada anomali sinyal. Namun sinyal ini bukan seismik gempa bumi karena tak tercatat oleh beberapa sensor di sekitarnya, hanya sensor Singaraja saja,” ujarnya.

Akibat ledakan itu, warga berhamburan keluar rumah. Ledakan tersebut terjadi pada Minggu (24/1) pukul 10.27 WITA. Salah satu warga, Aik, mengatakan bahwa ia tengah berada di Desa Kututambahan saat mendengar suara ledakan tersebut.

Sejumlah warga menduga dentuman itu berasal dari Bendungan Tamblang. Warga sempat melihat ke arah langit, akan tetapi tidak ada asap. Mereka masih penasaran dengan sumber ledakan tersebut, karena mungkin belum pernah terjadi sebelumnya.

D For GAEKON