Warga Dengar Gemuruh, Kalimantan Utara Diguncang Gempa 3,9 M

0

Warga Dengar Gemuruh, Kalimantan Utara Diguncang Gempa 3,9 MGaekon.com – Gempa berkekuatan 3,9 magnitudo mengguncang Bulungan, Kalimantan Utara, pada Sabtu (8/5) pagi.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Melalui akun sosial medianya dengan tagar #waspadasesaraktif, Kabid Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono mengatakan bahwa warga Bulungan merasakan getaran gempa tersebut pada pukul 04.41 WIB.

“Hampir seluruh wilayah Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara pagi ini pukul 04.41 WIB digetarkan oleh gempa magnitudo 3,9,” jelasnya.

Menurut keterangan warga, gempa pagi hari tadi juga diikuti dengan suara gemuruh. BMKG menjelaskan bahwa pusat gempa berada di darat 41 kilometer tenggara Bulungan, dengan kedalaman 11 kilometer.

Kekuatan gempa berskala III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu.

BMKG mengimbau pemda untuk menyusun strategi mitigasi bencana dengan menyiapkan tata ruang pantai agar masyarakat pesisir lebih aman.

Berdasarkan keterangan BMKG, Kalimantan adalah satu-satunya pulau di Indonesia dengan tingkat aktivitas kegempaan relatif paling rendah, bahkan jarang terjadi. Kondisi ini berdasarkan sejumlah fakta.

Wilayah Kalimantan memiliki jumlah struktur sesar aktif yang jauh lebih sedikit daripada pulau-pulau lain di Indonesia.

Kedua, wilayah Kalimantan lokasinya cukup jauh dari zona tumbukan lempeng (megathrust), sehingga suplai energi yang membangun medan tegangan terhadap zona seismogenik di Kalimantan tidak sekuat dengan akumulasi medan tegangan zona seismogenik yang lebih dekat zona tumbukan lempeng.

Ketiga, beberapa struktur sesar di Kalimantan kondisinya sudah berumur tersier sehingga segmentasinya banyak yang sudah tidak aktif lagi dalam memicu gempa. Meski demikian, potensi gempa masih bisa terjadi di wilayah pesisir Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan, yang berhadapan dengan sumber gempa.

D For GAEKON