Warga Maluku Tengah Heboh Tambang Emas, ESDM Akan Cek Langsung Lokasi Penambangan

0

Warga Maluku Tengah Heboh Tambang Emas, ESDM Akan Cek Langsung Lokasi PenambanganGaekon.com – Penemuan tambang emas di Pesisir Pantai, Desa Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah kini ditindaklanjuti oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Maluku.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Dinas ESDM mengutus tim inspektur tambang untuk meninjau langsung tambang emas tersebut.

Terkait beredarnya kabar penemuan tambang emas ini, Kepala Dinas ESDM Maluku, Fauzan Chatib justru mengatakan bahwa pihaknya belum menerima laporan resmi dari pemerintah Maluku Tengah.

“Insyaallah besok (Rabu) tim inspektur tambang emas dari Ambon ke sana, mereka akan mengecek langsung lokasi tambang emas yang ditemukan warga itu,” kata Fauzan.

Fauzan mengatakan jika ada laporan resmi dari Pemda Kabupaten Maluku Tengah pihaknya segera meneruskan laporan tersebut ke Kementerian ESDM untuk mengambil langkah-langkah sesuai dengan Undang-undang nomor 3 tahun 2020 tentang kewenangan Pemerintah Provinsi di bidang Mineral dan Batubara sudah menjadi kewenangan Pemerintah Pusat (Pempus).

“Info penemuan emas di pantai Desa Tamilouw itu informasinya baru saya lihat di Medsos tadi pagi,” tambahnya.

Namun sejauh ini, pihaknya telah mengirimkan foto dan video warga sedang mendulang emas di pesisir pantai pohon batu yang viral itu melalui email Kepala Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, serta Ditjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM.

Sebelumnya, warga Maluku Tengah dihebohkan dengan penemuan tambang emas di pesisir pantai Pohon Batu Desa Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah. Sejak penemuan itu banyak warga yang berbondong-bondong kesana untuk mendulang emas.

D For GAEKON