WhatsApp Rilis Dark Mode, Ini Cara Mengaktifkannya

0

Jakarta – WhastApp (WA) telah merilis fitur dark mode atau mode gelap. Fitur itu akhirnya bisa dicoba siapa saja setelah sebelumnya masih diuji coba pada versi beta.

“Kami sangat senang dapat merilis pembaruan WhatsApp dengan fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna di mana pun mereka berada, yaitu mode gelap,” ujar WhatsApp di blog resminya.

Dark mode WA digunakan untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan dengan cahaya minim. Pihak WA berharap mereka bisa membantu mencegah situasi tidak nyaman manakala telepon menerangi ruangan.

Dalam merancang fitur itu, tim WA meneliti dua aspek pada eksperimen yang mereka lakukan. Pertama, pemilihan warna dapat mengurangi kelelahan mata dan mendekati default sistem pada telepon pintar iPhone dan Android.

Kedua, eksperimen itu diketahui dapat dengan mudah memusatkan perhatian. Pada setiap layar dipilih warna dan elemen desain untuk memastikan informasi yang paling penting terlihat mencolok.

“Kami harap semua orang akan menyukai mode gelap,” pungkas aplikasi pesan milik Facebook itu.

Fitur dark mode sudah tersedia bagi pengguna smartphone Android dan iOS. Untuk cara mengaktifkan fitur ini mulanya pengguna harus memperbarui aplikasi WA versi 2.20.30 di Play Store atau App Store.

Perlu diingat terkadang pembaruan dikirimkan berkala ke pengguna. Setelah diperbarui, selanjutnya ikuti cara mengaktifkan dark mode di bawah ini:

Bagi pengguna Android langkahnya sebagai berikut:

  • Buka Setelan / Setting
  • Pilih Chat
  • Pilih Tema
  • Pilih Gelap

Sementara untuk pengguna iPhone, dark mode akan mengikut tampilan iOS. Untuk mengubah tampilan iPhone jadi mode gelap langkahnya sebagai berikut:

  • Buka Settings
  • Pilih Display & Brightness
  • Pilih Dark

K For GAEKON