Wisatawan Membludak Saat Libur Lebaran, Wisata Dataran Tinggi Dieng Raup Rp 2 Miliar

0

Wisatawan Membludak Saat Libur Lebaran, Wisata Dataran Tinggi Dieng Raup Rp 2 MiliarGaekon.com – Kebijakan larangan mudik lebaran 2021 rupanya tak membuat masyarakat Indonesia enggan untuk berwisata. Pasalnya, selama libur lebaran sejumlah tempat wisata justru dipadati wisatawan.

Seperti contohnya di Kawasan dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Tempat ini cukup banyak dikunjungi wisatawan saat libur lebaran hingga meraup Rp2 miliar.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan bahwa angka tertinggi kunjungan wisatawan ke Dieng terjadi pada hari Minggu (23/5) lalu dengan 17 ribu pengunjung. Nilainya mencapai Rp300 juta lebih. Budhi juga mengatakan bahwa pendapatan yang masuk ke PAD pada libur Lebaran senilai Rp2 miliar.

“Angka kunjungan cukup tinggi, sehingga pendapatan juga besar,” Kata Budhi.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Agung Yusianto, destinasi wisata favorit wisatawan di Dieng selama pekan libur Lebaran adalah Kawah Sikidang.

“Jembatan khayangan atau boardwalk yang ada di Sikidang, menjadi daya tarik wisatawan. Sebab pengunjung dapat melihat fenomena unik kawah dari jarak sangat dekat,” katanya.

Meski banyak diminati wisatawan, menurut Budhi tempat wisata tersebut masih ada kendalanya, yaitu tempat parkir, akses jalan dan kemacetan.

Budhi mengatakan bahwa tahun depan Banjarnegara akan fokuskan anggaran pembangunan infrastruktur di Dieng.

“Contohnya di Kawah Sikidang, parkir macet. Nanti akan kita buka kembali, harapannya akses lancar dan tidak macet,” terangnya.

Rencana lainnya yaitu membuka rute jalan baru dengan jarak tempuh lebih singkat dan cepat.

“Jalan ke Dieng tengah digagas, melewati Desa Limbangan, Kecamatan Madukara. Kalau itu jadi, maka Banjarnegara ke Dieng hanya 25 menit,” jelasnya.

D For GAEKON