Berhasil Di Evakuasi, WNI Dari Afghanistan Kini Jalani Isolasi Covid-19

0

Berhasil Di Evakuasi, WNI Dari Afghanistan Kini Jalani Isolasi Covid-19Gaekon.com – Sebanyak 26 orang WNI dan 7 orang WNA berhasil mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma pada Sabtu (21/8) pukul 03.05 WIB. Mereka akan menjalani isolasi dan rangkaian protokol kesehatan (prokes).

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Menlu Retno Marsudi menerangkan bahwa semuanya termasuk tim akan menjalani isolasi dan rangkaian protokol kesehatan (prokes) corona sesuai aturan saat tiba dari luar negeri.

Evakuasi WNI dilakukan setelah Kabul dikuasai oleh kelompok Taliban. Akibat hal tersebut kondisi keamanan dan politik di Afghanistan semakin tak menentu.

Retno juga mengatakan bahwa dari 26 orang WNI, ada satu diplomat yang kondisinya kurang sehat. Namun dapat dipastikan bahwa diplomat tersebut tidak terjangkit Covid-19.

“Satu diplomat dalam kondisi kurang sehat, non-Covid, dan akan segera dilakukan perawatan,” kata Retno.

Retno bersyukur telah berhasil mengevakuasi WNI yang ada di Afghanistan.

“Dengan mengucap rasa syukur yang luar biasa alhamdulilah dini hari ini WNI dari Afghanistan telah berhasil kita evakuasi dan tiba dengan selamat di Jakarta,” Kata Menlu Retno.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengucapkan terima kasih atas doa dari masyarakat Indonesia untuk kesuksesan misi evakuasi yang tidak mudah ini. Mereka semua dievakuasi menggunakan pesawat TNI AU.

“Misi Kabul – tanah air Indonesia dapat dengan aman sesuai rencana dan saat ini seluruh awak pesawat sudah berada di Plurung, Lanud Halim untuk lakukan pemeriksaan dan laksanakan brief setelah penerbangan,” kata Hadi.

D For GAEKON