Keselamatan WNI Jadi Prioritas, Komisi I DPR Desak Pemerintah Evakuasi WNI Di Afghanistan

0

Keselamatan WNI Jadi Prioritas, Komisi I DPR Desak Pemerintah Evakuasi WNI Di AfghanistanGaekon.com – Anggota Komisi I DPR Farah Puteri Nahlia meminta agar pemerintah segera mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Afghanistan.

“Segera evakuasi WNI di Afghanistan jika terjadi eskalasi keamanan di sana sebagai upaya perlindungan WNI di luar negeri,” ucap Farah.

Bagi Farah, keselamatan WNI adalah hal yang penting untuk diprioritaskan. Farah bahkan meminta pemerintah untuk melakukan koordinasi dengan KBRI di sana.

“Lakukan monitoring dan koordinasi intensif dengan Duta Besar di Kabul untuk membuka posko evakuasi bagi WNI,” kata Farah.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, Farah mengatakan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) perlu bertindak cepat terkait situasi ini.

Farah meminta Kemenlu melakukan pendataan yang akurat tentang jumlah WNI disana. Hal ini untuk memastikan bahwa mereka dalam keadaan aman.

“Pastikan mereka dalam keadaan aman dan penuhi kebutuhan mereka sampai bantuan untuk evakuasi datang. Karena keselamatan WNI merupakan prioritas pemerintah Indonesia,” jelas Farah.

Farah juga mengatakan bahwa beberapa negara telah mengambil tindakan untuk membawa pulang warga negaranya dari negara Afghanistan.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Teuku Faizasyah memastikan, para WNI termasuk pejabat dan staf KBRI di Afghanistan pada umumnya dalam keadaan aman. Pemerintah pun berencana mengevakuasi WNI serta para pejabat dan staf KBRI di Afghanistan.

D For GAEKON