Kenapa Brokoli Waterproof saat dicuci?

0
Brokoli
Sumber Foto: Halodoc

Gaekon.com – Brokoli adalah tanaman yang sering dibudidayakan sebagai sayur. Brokoli adalah kultivar dari spesies yang sama dengan kubis dan kembang kol, yaitu Brassica oleracea.

Layaknya sayuran pada umumnya, brokoli ini juga wajib dicuci dulu sebelum dimasak. Nah bicara soal mencuci, apakah kalian pernah mendengar jika brokoli ini waterproof? Sehingga ketika dicuci dengan air tidak akan membasahi permukaan brokoli.

Laut Tengah

Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Waterproof

Brokoli seringkali saat dicuci tidak basah dan airnya hanya lewat begitu saja tanpa diserap. Duri mahkota brokoli tidak terlalu menyerap, dan tegangan permukaan menyebabkan air mengalir keluar daripada terperangkap di dalam duri.

Cara Mencuci Brokoli

Cara mencuci brokoli agar tidak waterproof adalah sebagai berikut:

1. Siapkan mangkuk terlebih dahulu

2. Letakkan air di dalam mangkuk tersebut

3. Masukkan beberapa bahan seperti tepung gandum dan garam

4. Masukkan brokoli ke dalam larutan air yang dikacau sebentar tadi dan biarkannya selama lima menit

5. Setelah 5 menit keluarkan Brokoli dari air rendaman tepung tersebut

6. Bilas dengan menggunakan air bersih

7. Lihatlah, air tersebut mampu melalui celah-celah ‘rambut afro’ brokoli

Manfaat Brokoli

Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Selain itu, brokoli mengandung senyawaan isotiosianat yang, sebagaimana sulforafana, ditengarai memiliki aktivitas antikanker.

Brokoli biasanya direbus atau dikukus, atau dapat pula dimakan mentah. Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus. Hal ini bertujuan agar segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya tidak hilang selama proses pemasakan.

Merebus brokoli akan menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya brokoli tidak direbus terlalu lama, kira-kira tidak lebih dari 5 menit.

 

KA For GAEKON